Antisipasi Karlahut, Upika Gandeng Perusahaan Lakukan Simulasi Pemadaman Karlahut

Antisipasi Karlahut, Upika Gandeng Perusahaan Lakukan Simulasi Pemadaman Karlahut

Sabtu, 06 Juli 2019, 2:28:00 PM
Link Banner
Usai melaksanakan simulasi, tim foto bersama di lokasi. 

Inforohil.com, Balai Jaya - Untuk mengantisipasi munculnya titik api, untuk itu Polsek Bagan Sinembah melalui Bhabinkamtibmas Balai Jaya bersama dengan pihak PT Salim Ivomas Pratama (SIP) melaksanakan kegiatan simulasi pemadaman karlahut.

Kegiatan yang berkenaan dengan pelaksanaan Program Prioritas Kapolri Nomor VIII dan XI "Bangun Kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas dan Quick Wins" ini dilaksanakan pada Sabtu (6/7/2019) di Lokasi maind road 8 blok H/I 22-23 kebun Balam.

Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol H Asmar melalui Bhabinkamtibmas Balai Jaya,  Aipda Sarmadan Siregar pada kesempatan tersebut juga turut menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga masyarakat umumnya dan pihak perusahaan.

"Agar khususnya perusahaan PT SIP dan masyarakat Kecamatan Balai Jaya secara umumnya sadar dan tidak melakukan pembakaran apabila membuka lahan terutama di daerah tanah gambut pada saat musim kemarau tiba," kata Sarmadan.

Selain sanksi hukum bagi pelaku sangat berat, lanjut mantan Kanit Reskrim Polsek Simpang Kanan ini lagi juga dapat menyebabkan polusi udara yang merusak kesehatan.

"Sudah banyak pelaku pembakaran lahan yang ditangkap dan dijebloskan di penjara,  karena telah merusak lingkungan dan menyebabkan terganggunya kesehatan masyarakat lainnya. Artinya, jadilah polisi terhadap diri sendiri dan jangan main hakim sendiri," ungkap Sarmadan lagi.

Disamping itu. Bhabinkamtibmas juga mengatakan tujuan dari kegiatan simulasi pemadaman karlahut itu adalah agar masyarakat mengetahui cara-cara pemadaman apabila terjadi kebakaran lahan.

"Dan selalu kordinasi dengan Upika untuk mengantisipasi dan tata cara mengambil langkah-langkah untuk mencegah agar kebakaran tidak meluas," ujar Sarmadan Siregar. (iloeng)

TerPopuler