Terdeteksi di Aplikasi Lancang Kuning, Polsek Pujud Bekuk Pembakar Lahan -->

Terdeteksi di Aplikasi Lancang Kuning, Polsek Pujud Bekuk Pembakar Lahan

Selasa, 25 Februari 2020, 9:11:00 AM
Link Banner
Foto kolase pelaku di lahan yang dibakar dan saat diamankan di Polsek Pujud. 

Inforohil.com, Pujud - Memasuki musim kemarau yang baru beberapa hari tidak diguyur hujan, kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) sudah muncul di beberapa titik termasuk di Kecamatan Pujud. 

Terdeteksi di aplikasi Lancang Kuning, Polsek Pujud pun berhasil membekuk pelaku pembakar lahan, JSS alias Jeky (23) warga Kepenghuluan Sei Pinang, Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (24/02/2020) kemarin. 

Kapolres Rohil AKBP M. Mustofa SIK Msi yang dikonfirmasi melalui Kapolsek Pujud Iptu Amru Abdullah SIK pada Selasa (25/02) pagi membenarkan bahwa pihaknya telah mengamankan pelaku pembakar lahan. 

Disebutkan Amru, peristiwa itu bermula pada Ahad (23/02) sekira pukul 16.00 wib, terdeteksi titik api di koordinat Lat : 1.36119 Long : 100.67713 melalui aplikasi Lancang Kuning, tepatnya di Kepenghuluan Sei Pinang Kecamatan Pujud. 

Guna memastikan, pada Senin (24/02) sekira pukul 08.00 wib, tim Polsek Pujud yang langsung dipimpin olehnya melakukan verifikasi hotspot di titik koordinat tersebut di atas. 

Dan sekira pukul 11.35 wib, tim berhasil menemukan titik api di koordinat tersebut dan ditemukan seorang laki-laki yang setelah diinterogasi mengaku bernama JSS alias Jeky dan mengakui bahwa ia melakukan pembakaran lahan tersebut. 

"Pelaku mengaku, lahan tersebut dibakar dengan tujuan membersihkan sehingga bisa ditanami pohon sawit. Diperkirakan lahan yang dibakar seluas 6 Hektar," terang Amru. 

Selanjutnya tersangka beserta barang bukti berupa 1 buah mancis, 1 bilah parang dan beberapa potong kayu bekas bakaran diamankan dan dibawa ke Polsek Pujud guna proses penyidikan lebih lanjut. (iloeng

TerPopuler