Tim Satgas Posko V Patroli Karlahut di Perbatasan

Tim Satgas Posko V Patroli Karlahut di Perbatasan

Senin, 29 Juni 2020, 2:40:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Tanah Putih - Musim panas yang melanda sejumlah daerah di kabupaten Rokan Hilir akhir-akhir ini membuat tim Satuan Tugas (Satgas) Posko V kecamatan Tanah Putih langsung bergerak cepat dilapangan.

Kali ini tim Satgas Posko V yang di pimpin oleh Pelda EH Purba bersama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA)  kecamatan Tanah Putih melakukan patroli Karlahut bersama.

"Tim Satgas melakukan patroli di daerah perbatasan Rohil-Dumai, tepatnya di Kepenghuluan Mamugo, Kecamatan Tanah Putih," ujar Danramil 02/TP, Kapten Inf Khairul Anwar, Senin (29/06/2020).

Dimana, lanjut Danramil lagi daerah Mamugo adalah salah satu titik rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kabupaten Rokan Hilir.

"Pertama karena kondisi lahan yang semak dan gambut, jadi memudahkan penyebaran api. Dan selain itu, daerah Mamugo juga adalah daerah yang berbatas langsung dengan Dumai," ungkapnya. 

Dengan demikian, tidak tertutup kemungkinan jika api dari Dumai akan cepat merambat sampai ke Mamugo. "Dan ini pengalaman dari beberapa kasus Karlahut yang kita tangani," ujarnya lagi. 

Oleh sebab itu, pihaknya selain melakukan patroli juga memberikan pemahaman kepada warga masyarakat agar tidak melakukan pembakaran.

"Karena dengan melakukan pembakaran saat membersihkan lahan itu jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan menggunakan pola tanpa bakar
Selain ekosistem akan rusak, kesehatan masyarakat juga akan terancam karena kabut asap," himbau Kapten Inf Khairul Anwar. (iloeng)

TerPopuler