Satgas Balai Jaya Gelar Latihan Simulasi Penanggulangan Karlahut -->

Satgas Balai Jaya Gelar Latihan Simulasi Penanggulangan Karlahut

Jumat, 14 Februari 2020, 2:46:00 PM
Link Banner
Camat Balai Jaya, Kapolsek Bagan Sinembah, Danramil 03/Bgs sesaat sebelum simulasi Karlahut. (Foto: Koramil 03/Bgs) 

Inforohil.com, Balai Jaya - Upaya pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus dilakukan, baik dari satgas tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan. 

Salah satu upaya adalah dengan melaksanakan simulasi kejadian di lapangan, termasuk sosialisasi dan lain sebagainya. 

Dan kali ini, Satgas Kecamatan Balai Jaya terdiri dari unsur TNI, Polri dan MPA melaksanakan latihan simulasi penanggulangan Karlahut tahun 2020, di Posko Karlahut tepatnya di halaman kantor Camat Balai Jaya, Jumat (14/02/2020) sekira pukul 09.00 wib.

Hadir dalam giat itu Camat Balai Jaya, Samsuhir S.Pd, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Panangian, Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa, Pasi Ops Kodim 0321/Rohil Kapten Inf M Manurung, perwakilan BPBD, Korwil Dinas Pendidikan, KUA, Damkar Bagan Sinembah, penghulu dan MPA se Balai Jaya serta perwakilan perusahaan. 

Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa kepada wartawan menyampaikan bahwa kegiatan itu merupakan simulasi kejadian yang akan dilaksanakan dalam penanggulangan Karlahut. 

Simulasi itu termasuk cara satgas dalam bersosialisasi, patroli, Deplot pertanian dan pemadaman titik api.

"Dengan dilaksanakan simulasi ini, agar saat terjadinya Karlahut, tim satgas di lapangan bisa dengan mudah mempraktekannya," ungkapnya. 

Danramil juga menambahkan untuk mengantisipasi, mencegah serta penanggulangan Karlahut, memang membutuhkan koordinasi yang lebih itensif

"Selain itu kesungguhan dan kerja keras karena bencana Karlahut merupakan tanggung jawab bersama," ujarnya. 

Usai melaksanakan simulasi karlahut, Danramil berharap satgas Karlahut Balai Jaya untuk selalu koordinasi dan komunikasi secara komprehensif antar unsur yang ada. 

"Dan harapan kami, masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. Apabila mengetahui ada titik api, segera melaporkan kepada Babinsa atau Bhabinkamtibmas serta MPA tingkat desa," ujarnya berharap. (iloeng)

TerPopuler