Mulai Jarang Hujan, Babinsa Sosialisasi Karlahut

Mulai Jarang Hujan, Babinsa Sosialisasi Karlahut

Senin, 06 Januari 2020, 12:12:00 PM
Link Banner
Serka M Gultom saat Sosialisasi Karlahut di Sungai Daun, Pasir Limau Kapas. Senin (6/1/2020).

Inforohil.com, Kubu - Mengantisipasi munculnya kebakaran lahan dan hutan akibat mulai jarangnya hujan turun disekitar daerah kepenghuluan Sungai Daun, kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), jajaran TNI dalam hal ini Koramil 04/Kubu kembali melakukan sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan oleh anggota Koramil 04/Kubu, Serka M Gultom pada Senin (6/1/2020) dengan cara Komunikasi Sosial (Komsos) dan menberikan pemahaman tentang bahaya akan karlahut tersebut.

"Memindaklanjuti upaya kita untuk membebaskan kabupaten Rokan Hilir umumnya dan kecamatan Palika khususnya bebas karlahut, maka kita harus kembali mengambil sikap dengan memberikan pemahaman bahaya karlahut kepada masyarakat sekitar Sungai Daun," kata Danramil 04/Kubu, Kapten Inf Alfarisi.

Dijelaskan Alfarisi, Sungai Daun menurutnya karena selama ini daerah tersebut rentan terjadi karlahut. "Nah, oleh karena itu sejak dini kita ajak masyarakat untuk melakukan tindakan awal jika menemukan adanya kebakaran," katanya lagi. 

Biasanya, lanjutnya lagi cuaca panas akan memancing para pemilik lahan ingin membersihkan, namun cara yang diambil selalu salah. 

"Selain membakar tentunya kan ada kalau untuk membersihkan lahan. Dan untuk itulah, kita melakukan sosialisasi larangan membakar ini kepada masyarakat agar karhutla dapat dihindari sejak dini," ungkapnya. 

Diakhir sosialisasi, Babinsa juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar segera melaporkan jija ditemukan titik api.  

"Laporkan segera kepada aparat setempat, sehingga bisa langsung diambil langkah pencegahan. Jika perlu, larang bila ada petani yang ingin membakar lahan," tegasnya. (iloeng)

TerPopuler