Dampak Musibah Banjir, Babinsa Goro bersama Warga

Dampak Musibah Banjir, Babinsa Goro bersama Warga

Senin, 06 Januari 2020, 12:57:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Tanah Putih - Danpos Rantau Kopar Babinsa Koramil 02/Tanah Putih Serma Tarmin bersama Datuk Penghuhu, RT/RW dan masyarakat melaksanakan Gotong Royong (Goro) pembersihan parit.

Kegiatan itu dipusatkan di wilayah yang habis terkena imbas banjir, tepatnya di Kepenghuluan Bagan Cempedak Kecamatan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Ahad, (5/1/2020) kemarin. 

"Pembersihan parit kita bersihankan supaya paritnya lancar dan tidak tersumbat, apabila kembali turun hujan lebat," kata Serma Tarmin.

Semangat Babinsa melaksanakan gotong royong membersihkan wilayah sekitar. Dengan itu, saluran parit selama ini tersumbat bisa kembali berfungsi dikala hari hujan untuk pembuangan air.

“Parit ini, memang masih bagus namun kondisi di lokasi sudah dipenuhi sampah dan rumput liar, oleh karena itu, bersama masyarakat sengaja kita bersihkan biar bisa difungsikan kembali,” ungkapnya lagi. 

Selain itu, kegiatan Goro itu juga untuk membangkitkan kembali budaya bergotong-royong di masyarakat, sehingga wilayah binaan tetap bersih dan aman. Seperti pada saat musim hujan, jika saluran parit berfungsi maka tidak lagi terjadi banjir.

“Sebelum gotong royong dilakukan, dilakukan rapat koordinasi bersama masyarakat sekitar dan para tokoh masyarakat. Setelah itu, barulah giat gotong royong ini dilaksanakan secara serentak,” tukasnya.

Serma Tarmin juga mengatakan, kondisi parit yang berada di Kepenghuluan Bagan Cempedak tersebut kondisinya sudah dipenuhi oleh semak belukar dan sampah.

“Tadi Tim dari Babinsa, saya dan Kopda Agus Fajar Yono membantu masyarakat membersihkan parit yang masih bagus namun sudah tersumbat. Memang kalau musim hujan di sekitar sini kerap terjadi banjir, semoga dengan gotong royong seperti mengurangi banjir, serta harapan saya masyarakat harus Dapat menjaga kebersihan di wilayahnya masing-masing, dan jangan membuang sampah sembarangan, atau di parit," tutupnya. (iloeng

TerPopuler