SUMBER Ajak Masyarakat Gunakan Program Jampersal Untuk Bersalin

SUMBER Ajak Masyarakat Gunakan Program Jampersal Untuk Bersalin

Sabtu, 18 November 2017, 1:40:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Bagan Batu - Sebagai sekelompok masyarakat yang peduli sesama, gerakan Solidaritas Umat Berbagi (Sumber) yang dari hari ke hari terus melakukan aksi sosial. Sumber pun mengajak masyarakat agar permasalahan kesehatan terutama persalinan, untuk menggunakan program Jampersal (Jaminan Persalinan).

Pasalnya, saat ini, Sumber sedang melaksanakan penggalangan dana untuk tiga pasien kurang mampu yang melakukan operasi caesar di Rumah Sakit berbeda di Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir (Rohil). 

"Masyarakat harusnya gunakan program Jampersal ini, saya yakin tidak akan ada lagi pasien bersalin seperti sekarang ini (tidak mampu bayar, red)," kata salah satu inisiator Sumber, Suherman kepada Inforohil.com, Sabtu (18/11) di Bagan Batu. 


Dikatakan Suherman, berangkat dari permasalahan pasien yang tidak mampu membayar biaya persalinan di Rumah Sakit tersebut menurutnya adalah minimnya pengetahuan masyarakat akan program Jampersal tersebut. "Seharusnya ini diviralkan, bahwa ada program bersalin gratis bahkan sampai operasi caesar juga gratis," tandasnya. 

Untuk itu, Suherman sangat berharap, berbagai elemen masyarakat untuk mensosialisasikan program Jampersal agar tidak ada lagi pasien operasi caesar yang tidak mampu membayar. "Intinya, mari sama-sama kita sosialisasikan kabar baik ini terutama bagi keluarga tidak mampu. Kami (Sumber) sendiri, sebagai sekelompok penggiat sosial juga tidak serta merta membantu biaya persalinan," harapnya. 

Dijelaskan Suherman, dari tiga pasien yang tidak mampu membayar biaya persalinan tersebut, 1 pasien sudah berhasil dikeluarkan, 1 pasien lagi hari ini menyusul. Sementara, yang satu lagi, para donatur juga akan mengalokasikan biaya persalinan. 

"Alhamdulillah, yang sudah kami tebus berkat sumbangsih donatur, sudah dibayarkan pihak keluarga pasien sebesar Rp 4 juta, dan sisanya sudah dilunasi. Sementara, yang di Rumah Sakit Indah, hari ini segera keluar berkat bantun pihak menejemen rumah sakit sendiri, pak Riyadi yang berupaya dicarikan jalan keluarnya agar pasien segera keluar hari ini. Nah, tinggal satu lagi yang di Rumah sakit Ibunda, tapi sudah ada tanda-tanda dibantu dana dari Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Rokan Hilir, dan insya Allah, hari Senin dana sudah terkumpul dan segera dikeluarkan," ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Rumah Sakit, dimana pasien langsung ditangani dan memberikan diskon biaya persalinan. Bagaimana pun juga, lanjutnya, pihak Rumah Sakit mengambil langkah-langkah yang baik untuk menangani pasien bersalin. 

Perlu diketahui, Jampersal tersebut merupakan program pemerintah pusat dan daerah memfasilitasi untuk keluarga kurang mampu untuk bersalin secara gratis. Syaratnya, pasien yang sedang hamil juga harusnya rutin periksa di Bidan dengan adanya buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Setelah itu, urus surat keterangan tidak mampu dari desa serta membawa pasien ke Puskesmas terdekat. Jika keaadan pasien harus di operasi caesar, pihak Puskesmas juga akan merujuk ke Rumah Sakit yang ditunjuk pemerintah daerah. Seperti diketahui, untuk kabupaten Rokan Hilir sendiri, ada tiga Rumah Sakit, diantaranya; RSUD Pratama di Bagan Siapiapi, RSU Cahaya di Ujung Tanjung dan RSU Indah di Bagan Batu. (iloeng

TerPopuler