Positif Covid-19 di Rohil Bertambah Dua, Satu Diantaranya Tenaga Kesehatan -->

Positif Covid-19 di Rohil Bertambah Dua, Satu Diantaranya Tenaga Kesehatan

Selasa, 28 Juli 2020, 8:26:00 PM
Link Banner
Sumber: situs resmi corona.riau.go.id pertanggal 28 Juli 2020.

Inforohil.com, Bagan Batu - Kasus positif covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bertambah setelah sebelumnya pada tanggal 21 Juli bernama Tn WS (33). 

Dan satu diantaranya merupakan kontak erat dari WS, sementara satunya lagi merupakan tenaga kesehatan salah satu Rumah Sakit Swasta di Bagan Batu.

Informasi yang dirangkum di lapangan, Selasa (28/07/2020) terkonfirmasi positif covid-19 itu merupakan seorang anak, ARP (6) warga Kecamatan Balai Jaya yang merupakan kontak erat dengan WS warga Kecamatan Bagan Sinembah dan dilakukan pengambilan swab pada 22 Juli 2020.

Sementara yang merupakan tenaga kesehatan adalah Tn. SS (27) dinyatakan positif setelah mengikuti swab di Puskesmas Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah pada 23 Juli 2020 lalu.

Kepala Puskesmas Balai Jaya H Dedi Masrul SKM membenarkan bahwa satu warga Balai Jaya terkonfirmasi positif.

Dimana pada tanggal 19 Juli lalu, ARP bersama dengan kedua orangtuanya pernah main ke rumah Tn WS di Kecamatan Bagan Sinembah.

"Kedua orangtuanya negatif, dan saat ini pasien sudah dilakukan isolasi di Puskesmas ditemani orangtuanya," kata Dedi.

Dijelaskannya, terhadap pasien ARP juga tidak ditemukan gejala atau Orang Tanpa Gejala (OTG) yang artinya hanya dilakukan isolasi di Puskesmas.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan Puskesmas Balai Jaya adalah memberikan terapy kesehatan dan pemberian makanan bergizi.

"Kita juga sudah mengambil spesimen terhadap warga sekitar rumahnya, ada 44 orang yang diambil swab, dan insya Allah malam ini langsung kita kirimkan ke Laboratorium RSUD Arifin Ahmad," terang H Dedi.

Sementara itu, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi yang dikonfirmasi membenarkan bahwa satu tenaga kesehatan Rumah Sakit swasta terkonfirmasi positif covid-19.

"Ya, dan malam ini sebanyak 120 orang tenaga kesehatan Rumah Sakit swasta dilakukan Swab, saat ini sedang berlangsung," kata Sakinah.

Dan melalui media ini Sakinah juga menghimbau masyarakat khususnya Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah sekitarnya untuk tetap menjaga protokol kesehatan. "Hindari berkumpul-kumpul, pakai masker dan jaga jarak," ajaknya.

Sementara itu Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Rohil H Ahmad Yusuf juga belum memberikan keterangan resmi terkait hal tersebut. (iloeng)

TerPopuler