Sering Hujan, TNI Tetap Lakukan Pencegahan Karlahut -->

Sering Hujan, TNI Tetap Lakukan Pencegahan Karlahut

Senin, 16 Maret 2020, 2:42:00 PM
Link Banner


Inforohil.com, Simpang Kanan
- Kendati hujan masih sering mengguyur, namun hal itu tak langsung membuat personil Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (karlahut) santai. 

Hal ini terbukti dengan apa yang dilakukan oleh Sertu Barasa. Tim yang berjumlah 5 orang dari personil Koramil 03/Bgs ini dengan mengendarai sepeda motor terus melaksanakan patroli.

"Kali ini anggota kita melaksanakan patroli di kepenghuluan Kota Parit,  kecamatan Simpang Kanan. Walau curah hujan didaerah itu masih sering turun, tapi patroli tetap kita laksanakan," ujar Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa, Senin (16/03/2020).

Dimana, lanjut Danramil lagi kegiatan yang dilakukan oleh para personil ini dimaksudkan untuk selain patroli juga memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan.

"Tujuannya adalah agar masyarakat semakin sadar dan faham bahwa aktivitas pembersihan lahan dengan cara membakar itu adalah tindakan salah dan melawan hukum, maka upaya-upaya pendekatan atau sosialisasi harus kita lakukan," terang Danramil.

Menurutnya, bahwa pemberian pemahaman itu adalah salah satu upaya efektif untuk pencegahan terjadinya karlahut. "Dengan rutinnya kita lakukan sosialisasi tentang larangan dan bahaya karlahut maka sudah barang tentu masyarakat tidak akan lagi melakukan hal terlarang itu," ujarnya lagi. 

Danramil juga menyebutkan, bahwa dengan menjaga hutan secara tidak langsung juga akan memperpanjang usia. 

"Artinya, jika hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon itu tetap hidup dan berkembang tentu ketersediaan oksigen juga akan semakin banyak. Itulah artinya keseimbangan tersebut," ungkap Kapten Inf Y Mendrofa lagi. (iloeng

TerPopuler