Siap-siap, Kendaraan Over Dimensi di Rohil Bakal Ditertibkan

Siap-siap, Kendaraan Over Dimensi di Rohil Bakal Ditertibkan

Selasa, 21 Januari 2020, 4:12:00 PM
Link Banner
Jasrianto S.Sos, Kadishub Rohil. (foto: istimewa) 

Inforohil.com, Bagan Siapiapi - Bagi kendaraan yang berpotensi masuk dalam kategori over dimensi over loading (ODOL) atau muatan berlebih, siap-siap, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bakal menggelamenggelar operasi atau memperketat pengawasan lalulintas terhadap itu.

"Kemarin kami sudah mengikuti rapat koordinasi di propinsi menyikapi soal ODOL ini, sekarang sudah ada surat Menhub agar dilakukan penertiban namun tentunya langkah itu melibatkan semua unsur terkait," demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jasrianto S.Sos, Selasa (21/01/2020) di Bagan Siapiapi.


Matan Kadis PMD Rohil itu juga menerangkan, untuk penertiban itu akan dilaksanakan oleh pihak kabupaten/kota yang memang frekuensinya terbilang tinggi karena banyaknya keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di daerah.

Keberadaan pabrik secara otomatis menunjukkan adanya lalu lintas yang tinggi untuk pengangkutan TBS yang jika tidak diawasi rawan menyalahi ODOL. 

Secara umum katanya, pemerintah mengeluarkan kebijakan pengawasan dan pelarangan itu. Mengingat, sudah banyak kerugian yang dialami negara sebagai akibat dari truk yang bermuatan over, terutama di jalan yang telah mengalami kerusakan karena tidak sesuainya dengan tonase atau kekuatan jalan yang ada. 

"Rohil termasuk salah satu daerah dengan frekuensi tinggi, makanya perlu dilakukan pengawasan tersebut dengan pihak terkait," ujar Jasrianto.

Namun kapan pelaksanaan, pihaknya masih dalam tahap menungu dari propinsi. Setelah itu Dishub kabupaten akan surati ke seluruh pihak mengenai pelarangan maupun penindakan di lapangan terkait dengan ODOL. (rilis)

TerPopuler