PUPR Rohil Uji Ketebalan Base Jalan Lintas Antar Kecamatan -->

PUPR Rohil Uji Ketebalan Base Jalan Lintas Antar Kecamatan

Minggu, 19 Juli 2020, 10:38:00 PM
Link Banner
Tim PUPR dipimpin Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Raja Yulistri saat Cor Base atau pengujian kepadatan dan ketebalan base jalan di Simpang Tugu, Tanjung Medan, Ahad (19/07). 

Inforohil.com, Tanjung Medan - Guna memastikan volume pengerjaan sesuai dengan perencanaan dan kualitas yang baik, Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) uji ketebalan base jalan lintas antar kecamatan.

Uji ketebalan dan kepadatan atau Cor Base itu langsung dilakukan Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan Jalan dan Jembatan, Raja Yulistri bersama tim di Simpang Tugu Kepenghuluan Tanjung Medan Kecamatan Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir, Ahad (19/07/2020).

"Alhamdulillah ketebalan dan kepadatan cukup dan pengerjaannya juga bagus, nantinya juga akan dilakukan pengujian usai Finishing Hotmix," kata Raja.

Dijelaskannya, peningkatan jalan itu bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2020 yang menelan anggaran Rp 26 Milyar lebih terbagi di dua titik yakni di Jalan Lintas Bagan Batu - Tanjung Medan tepatnya di wilayah perbatasan antar Kecamatan Bagan Sinembah dengan Tanjung Medan hingga ke wilayah Kepenghuluan Pondok Kresek.

"Sementara titik kedua di jalan lintas yang sama, tepatnya di wilayah Kepenghuluan Tanjung Medan Utara hingga ke wilayah Simpang Tugu Kepenghuluan Tanjung Medan," beber Raja kembali.

Diterangkannya, peningkatan jalan menjadi dua titik dikarenakan atas permintaan masyarakat khususnya warga Kepenghuluan Pondok Kresek.

Awalnya, titik pembangunan dimulai dari Simpang Tugu menuju Bagan Batu sepanjang 5 kilometer. Namun pada saat survey perencanaan, sewaktu ianya melintas di wilayah Pondok Kresek, diberhentikan warga ditengah perjalanan.

"Waktu itu kebetulan jalan di Pondok Kresek rusak parah, pas musim hujan, pada saat itu juga warga usul agar jalan diperbaiki," kisah Raja.

Namun begitu, lanjutnya, ia langsung berkoordinasi dengan kepala dinas dan pihak kementrian agar peningkatan jalan dibagi menjadi dua titik yang mana merupakan jalan lintas antar kecamatan yang sama.

"Pada saat itu juga saya hubungi (pusat) dan mereka setuju, ya sudah kita bagi menjadi dua titik," bebernya mengisahkan.

Dari pantauan awak media di lapangan, peningkatan jalan di titik Kepenghuluan Pondok Kresek sudah rampung dikerjakan. Peningkatan jalan itu dikerjakan oleh PT. Cahaya Kurnia Riau. (iloeng)

TerPopuler