Dampak Covid-19, Pemkab Rohil Serahkan Paket Sembako di Bagan Sinembah

Dampak Covid-19, Pemkab Rohil Serahkan Paket Sembako di Bagan Sinembah

Selasa, 21 April 2020, 4:10:00 PM
Link Banner
Wabup Rohil Drs Jamiluddin saat membagikan sembako secara simbolis kepada warga masyarakat Kecamatan Bagan Sinembah, Selasa (21/04).

Inforohil.com, Bagan Batu - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tidak hanya memperhatikan dibidang kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19, namun dampak terhadap perekonomian masyarakat menjadi perhatian. 

Dibeberapa kecamatan pemerintah kabupaten (Pemkab) Rohil sudah lebih dahulu membagikan paket sembako kepada warga masyarakat yang akibat Covid-19 berdampak buruk terhadap ekonomi masyarakat. 

Dan kali ini, melalui Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada warga Kecamatan Bagan Sinembah untuk 5.967 KK, Selasa (21/04/2020) sekira pukul 13.45 wib siang. 

Pada kesempatan itu, penyerahan paket sembako secara simbolis juga dibagikan untuk masyarakat Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) sebanyak kurang lebih 870 KK. 

Selain Wabup, hadir dalam kegiatan itu Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi, Camat Bagan Sinembah Raya Drs HM Yusuf Msi, Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa, Kepala Dinsos Junaidi Saleh, Kasatpol PP Suryadi, Sekretaris Dishub Susilo Widagdo, Baznas Rohil, anggota DPRD Rohil Maria Tambunan dan perwakilan masyarakat. 


Mengawali sambutan, Sakinah menyebutkan bahwa dari total jumlah penduduk Kecamatan Bagan Sinembah berjumlah 62 ribuan, yang terdata dan berhak menerima sebanyak 5.967 KK sedangkan yang terdata dalam PKH sebanyak 676 dan tidak mendapatkan bantuan sembako. 

Pendataan dan penyerahan sembako ini sepenuhnya adalah tanggung jawab para Lurah dan Penghulu melalui RT masing-masing yang dianggap paling berhak menerima bantuan sembako tersebut. 

"Dengan adanya bantuan ini, dikarenakan wabah Covid-19 sangat berdampak kepada masyarakat terutama perekonomian. Mudah-mudahan ini menjadi suatu berkah, yang mana kiranya bantuan ini bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya, terimakasih kepada Pemkab Rohil, bapak Bupati, Wabup dan rombongan," ucap Sakinah. 

Dan oleh karenanya, Sakinah juga mengharapkan masyarakat Bagan Sinembah khususnya dan pada umumnya Kabupaten Rokan Hilir diberi kesehatan dan keselamatan serta dijauhkan dari bahaya Covid-19 ini. 

"Dan epada masyarakat, mohon aturan pemerintah ini dipatuhi, jangan nongkrong-nongkrong, pakai masker. Itu demi kebaikan kita semua," ujarnya kembali. 

Sementara itu, Jamiluddin dalam sambutannya mengucapkan mohon maaf atas ketidaktahadiran bapak Bupati Rohil H Suyatno dikarenakan ada jadwal lain. 

Dia mengucapkan terimakasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Dinas Kesehatan, Puskesmas, Dishub, Dinsos yang merupakan tulang punggung dalam menyampaikan bantuan sembako ini. 

"Terimakasih juga kepada TNI-Polri yang menyatu mulai dari pusat sampai ke bawah, terimakasih pak Danramil dan pihak lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu," ucap Wabup. 

Menurut Wabup, pandemi Covid-19 ini ditetapkan presiden sebagai bencana non alam. Dan oleh karenanya dia mengimbau komponen masyarakat termasuk RT, RW Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama untuk sama-sama memantau masyarakat yang datang dari luar daerah termasuk sanak keluarga haruslah tetap diproses dicek kesehatannya demi kebaikan bersama. 

"Pak bu camat tolong diperhatikan pak RT RW  yang paling tau kondisi masyarakat nya, tolong dicek warganya," ujarnya. 

Beruntung di Rohil, lanjut Jamiluddin, status pasien positif masih Zero alias Nol dan hanya yang ada ODP dan PDP. Beberapa PDP y7sudah keluar hasil swebnya sudah terkonfirmasi negatif dan mudah-mudahan yang belum kekuar hasio PCR nya negatif. 

Pada kesempatan itu Wabup berpesan kepada masyarakat agar tidak memandang dari nilai bantuan sembako namun agar dilihat dari rasa kebersamaan dengan diberikannya bantuan sembako tersebut. 

"Dan menjelang bulan suci Ramadhan, kami atas nama Pemkab Rohil, mengucapkan mohon diberi kemaaafan dan atas nama pribadi, secara kekeluargaan juga saya mohon maaf sebesar-besarnya. Dan selamat menyambut bulan suci Ramadhan dan selamay melaksanakan ibadah puasa," ucapnya. (iloeng)

TerPopuler