Babinsa Bantu Warga Bangun Menara Penampungan Air Bersih -->

Babinsa Bantu Warga Bangun Menara Penampungan Air Bersih

Senin, 09 Maret 2020, 2:03:00 PM
Link Banner
Serda Supriadi saat membantu warga membangun menara penampungan air bersih di Tanjung Leban, Kubu. (Foto: Koramil 04/Kubu) 

Inforohil.com, Kubu - Sulitnya air bersih di wilayah tanah jenis gambut membuat warga dan aparat pemerintah kepenghuluan atau desa menyiapkan menara penampungan air skala besar. 

Termasuk di wilayah Kepenghuluan Tanjung Leban, Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), ketersediaan air bersih merupakan hal yang harus dilakukan untuk kebutuhan sehari-hari. 

Untuk itu, Babinsa Koramil 04/Kubu Kodim 0321/Rohil, Serda Supriadi ikut membantu Gotong royong (Goro) bersama masyarakat Kepenghuluan Tanjung Leban, Kubu. Tepatnya di RT 05 RW 01 Dusun Sempurna, Senin (09/03/2020).

"Alhamdulillah, sudah beberapa tahun terakhir, ketersediaan air bersih sudah mulai membaik," kata Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi. 

Dijelaskan Alfarisi, air bersih yang akan ditampung di menara penampungan air itu bersumber dari air tanah gambut yang menggunakan teknologi penjernih air gambut. 

Dimana air gambut pada umumnya berwarna cokelat hitam kemerahan dan memilikih tingkat keasaman yang tinggi. Dengan dibantu alat teknologi penyaringan, air berubah menjadi jernih dan siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. 

"Kalau dahulu, pada umumnya warga menampung air hujan untuk keperluan sehari-hari, khususnya untuk memasak. Alhamdulillah, berkat teknologi penyaringan, kini air gambut bisa menjadi bersih dan jernih," ujarnya. 

Penyaringan air, lanjut Danramil, tidaklah cukup jika tidak dibuatkan penampungan air skala besar. Untuk itu, perlu dibangun agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya Dusun Sempurna, Kepenghuluan Tanjung Leban. 

"Mudah-mudahan, dengan adanya menara penampungan air ini, dapat bermanfaat untuk orang banyak, khususnya wargq Dusun Sempurna, Tanjung Leban," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler