Siaga Karlahut, Koramil Serahkan Alat Sambunesia

Siaga Karlahut, Koramil Serahkan Alat Sambunesia

Rabu, 15 Januari 2020, 11:56:00 AM
Link Banner
Babinsa Koramil 04/Kubu saat menyerahkan alat pemadam Karlahut, Sambunesia. 

Inforohil.com, Kubu - Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran pada lahan gambut, untuk itu jajaran Koramil 04/Kubu menyerahkan bantuan peralatan penanggulangannya dengan menggunakan Sambunesia kepada kepenghuluan Tanjung Leban. 

Menurut Danramil 04/kubu, Kapten Inf Alfarisi,  bahwa lahan gambut adalah sangat besar berpotensi terbakar saat musim kemarau, menjadi salah satu penyumbang kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta asap di sejumlah daerah di kabupaten Rokan Hilir. 

Dan salah satu solusi mencegah dan menghentikan karhutla di lahan gambut dengan menggunakan Sambunesia. Alat pencegah kebakaran di lahan gambut ini sangat mirip dengan paku bumi.

"Memang mirip paku bumi, tapi fungsinya lebih banyak. Dan untuk itu pada kesempatan ini kita menyerahkan peralatan penanggulangan karlahut bernama Sambunesia," katanya, Rabu (15/01/2020).

Sambunesia ini, lanjutnya lagi berbentuk pipa, yang ditancapkan ke dalam lahan gambut. Alat pencegah kebakaran lahan gambut khususnya yang ada di daerah Tanjung Leban. 

"Nantinya alat itu dialiri air hingga kebakaran di lahan gambut dapat lebih mudah untuk dipadamkan. Sambunesia juga digunakan saat lahan gambut sudah sangat kering, untuk mencegah lahan gambut terbakar," terang Alfarisi kembali.

Karena menurut Danramil, selama ini jika terjadi karlahut selalu kesulitan dalam hal pemadamannya. "Kasihan kita melihat anggota dan masyarakat saat memadamkan, berbagai kendala dihadapi. Jadi dengan adanya alat tersebut tentu akan memudahkan kerja dilapangan," ungkap Kapten Inf Alfarisi. (iloeng

TerPopuler