Metode Binter, Babinsa Komsos dengan Petani Sayur

Metode Binter, Babinsa Komsos dengan Petani Sayur

Senin, 06 Januari 2020, 11:14:00 AM
Link Banner
Sertu Siswanto saat Komsos dengan petani Sayuran. 

Inforohil.com, Bagan Batu - Sebagai salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter), Babinsa Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil, Sertu Siswanto melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga desa binaan. Senin (6/1/2020).

Kali ini kepada warga yang beraktivitas sebagai petani, pak Poniran warga Kepenghuluan Suka Maju, Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). 

Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa mengatakan giat Komsos kali ini, Babinsa membantu memasang tiang lanjaran sebagai penyangga tanaman kacang panjang di kebun pak Poniran. 

Tiang lanjaran itu terbuat dari pelepah batang pohon sawit dengan ditanam ke dalam tanah dan diikat dengan tali untuk menghubungkan dari tiang ke tiang. 

"Kebun kacang panjang itu merupakan tumpang sari dengan tanaman ubi. Meski kecil-kecilan, hasilnya bisa menambah pendapatan keluarga," terangnya. 

Dijelaskan Mendrofa, giat Komsos merupakan salah satu metode Binter. Disamping untuk meningkatkan tali silaturrahmi, juga untuk meningkatkan rasa saling membutuhkan antara Babinsa dengan warga. 

"Selain itu juga untuk menciptakan kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga tidak ada jarak antara TNI dengan masyarakat sipil, khususnya di desa binaan masing-masing," terangnya. 

Dan oleh karenanya, dia berharap hubungan baik TNI dengan masyarakat khususnya petani tetap terjalin harmonis. Sehingga apa yang menjadi persoalan petani, dapat dengan cepat diketahui Babinsa dan sama-sama mencari solusinya.

"Dan mudah-mudahan, upaya bercocok tanam warga itu membuahkan hasil yang memuaskan dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harapnya. (iloeng)

TerPopuler