Dirjen Kemendagri Sebut Tahun Depan Akan Ada Dana Kecamatan -->

Dirjen Kemendagri Sebut Tahun Depan Akan Ada Dana Kecamatan

Selasa, 30 Juli 2019, 1:58:00 PM
Link Banner
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Drs Eko Subowo MBA saat membawakan kata sambutan dalam acara peresmian kode wilayah tiga kecamatan di Rokan Hilir. Senin (29/7) kemarin. 


Inforohil.com, Balai Jaya - Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia Drs Eko Subowo MBA menyebutkan bahwa tahun depan yakni 2020 pemerintah kecamatan akan kecipratan dana.

Hal itu ia kemukakan saat peresmian kode wilayah tiga kecamatan di Balai Jaya, Rokan Hilir (Rohil) Senin (29/7) kemarin.

"Setelah Dana Desa, tahun ini ada Dana Kelurahan, insya allah tahun depan akan ada Dana Kecamatan sesuai dengan kode wilayah," kata Eko Subowo dihadapan Bupati Rohil dan Forkopimda dan para camat.

Oleh karenanya, kecamatan diharapkan menjadi multi 'function' yang artinya menjadi kantor multifungsi. Minimal ada 3 fungsi yang menjadi diharapkan, pertama adalah sebagai pusat layanan terdekat dengan masyarakat. Dalam hal ini menjamin masyarakat dapat dipenuhi administrasi pemerintah oleh kecamatan yang bersangkutan, karena semakin dekatnya kantor pemerintah sebagai yang melayani dengan masyarakat yang dilayani.

Yang kedua lanjut Dirjen lagi, kecamatan diharapkan bisa menjadi pusat pemberdayaan masyarakat. "Dan yang ketiga kecamatan juga diharapkan bisa menjadi pusat motor penggerak ekonomi di kecamatan dan menumbuhkan kemajuan sosial budaya. Dalam rangka memembangun daya saing daerah," paparnya.

Selain itu, lanjutnya lagi kecamatan juga mempunyai fungsi yang sangat penting, sebab camat itu mempunyai tiga kewenangan, yakni kewenangan Atributif, Delegatif dan kewenangan pemerintahan umum.

Kewenangan Atributif, adalah kewenangan yang langsung diberikan kepada camat langsung dari Undang Undang. Sementara itu Delegatif adalah kewenangan dari bupati yang diberikan kepada camat. 

"Sebenarnya ini kewenangan bupati, namun agar lebih efisien diberikan kepada camat. Terutama di daerah yang jangkauannya sulit, kan tidak mungkin semua urusan terpusat ke pemerintah kabupaten," tukasnya.

Dan yang ketiga pemerintahan umum adalah kewenangan yang sifatnya umum seperti tentang kertiban, menyangkut kordinasi dan lain sebagainya.

"Dan saya dengar untuk Riau, terimakasih pak Wagub, telah diberikan juga dana dari Pemerintah Provinsi untuk kecamatan sebagau dana penyelenggara pemerintah umum," pungkasnya dan mendapat aplaus para hadirin.

Usai kata sambutan, kemudian Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI itu meresmikan kode wilayah tiga kecamatan yakni Tanjung Medan, Bagan Sinembah Raya dan Balai Jaya dengan didampingi Wagubri H Edi Natar Nasution dan Bupati Rohil H Suyatno Amp.

Dikutip dari detik.com, dana kecamatan ini nantinya akan digunakan untuk pembinaan, pengawasan pemerintahan level kecamatan, dan penyelenggaraan urusan pemerintahan umum. (iloeng)

TerPopuler