Maksimalkan Penanggulangan Karhutla, Babinsa Hadiri Rapat Pendirian Posko -->

Maksimalkan Penanggulangan Karhutla, Babinsa Hadiri Rapat Pendirian Posko

Kamis, 16 Januari 2020, 1:23:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Kubu - Guna memaksimalkan pemantauan sekaligus penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kecamatan Kubu khususnya, untuk itu diperlukan pendirian posko-posko.

Hal ini terungkap saat jajaran Koramil 04/Kubu ikut serta dalam rapat koordinasi bersama Upika Kubu yang membahas perencanaan pendirian dan pembentukan posko, Kamis (16/1/2020).

Komandan Rayon Militer (Danramil)  04/Kubu,  Kapten Inf Alfarisi mengatakan, bahwa pembentukkan Posko Karhutla ini akan didirikan disejumlah titik yang dinilai rawan terjadinya karlahut.

"Posko Karhutla ini dibentuk sebagai tempat pemantauan dan pengendalian titik-titk rawan terhadap kebakaran dengan tugas pokoknya melaksanakan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan melaksanakan sosialisasi bahaya kebakaran," kata Kapten Inf Alfarisi.

Lanjut Danramil, kegiatan ini bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan melaksanakan patroli bersama serta sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak ada lagi masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar. 

“Sambil melakukan patroli, anggota Satgas Karhutla ini juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan bahayanya dampak dari kabut asap yang ditimbulkan oleh kebakaran”, katanya.

Penyiapan sarana dan prasarana posko dilakukan dengan menyiapkan sebuah rumah yang nantinya akan ditempati oleh Satgas Karhutla Koramil 04/Kubu.

Diharapkan dengan adanya posko Karhutla ini dapat meminimalisir serta menghilangkan opini masyarakat untuk membuka lahan dengan cara membakar. Sehingga kedepan tidak ada lagi terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Koramil 04/Kubu. 

"Kami berharap ke depan Rokan Hilir, khususnya daerah-daerah teritorial Koramil 04/Kubu dapat bebas Karhutla," ujar Kapten Inf Alfarisi. (iloeng)

TerPopuler