Babinsa Koramil 03/Bgs Periksa Budidaya Jamur Tiram di Lahan Demplot -->

Babinsa Koramil 03/Bgs Periksa Budidaya Jamur Tiram di Lahan Demplot

Senin, 05 April 2021, 12:58:00 PM
Link Banner
Sertu A Sipahutar saat meninjau budidaya Jamur Tiram di Lahan Demplot Ketahanan Pangan Koramil 03/Bgs, Senin (05/04).


Inforohil.com, Bagan Batu - Budidaya Jamur Tiram yang dikelola oleh para prajurit TNI AD khususnya Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil yang dimulai beberapa waktu lalu kini sudah mulai tampak ada perkembangan.


Untuk memastikan itu, secara rutin para Babinsa melakukan pengecekan dan kali ini dilakukan oleh Sertu A Sipahutar melakukan pemeriksaan tumbuh kembang Jamur Tiram di lokasi Demplot ketahanan pangan di Makoramil 03/Bgs Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, Senin (05/04/2021).


Baglog yang sudah dipersiapkan kemudian akan diletakan di atas rak-rak di dalam Kombong dan juga melakukan fermentasi media tanam dari serbuk gergaji kayu.


Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol melalui Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa mengatakan pengecekan budidaya Jamur Tiram itu dilakukan pemeriksaan rutin guna mengetahui perkembangan dan kondisi bibit yang di dalam Baglog dan suhu ruangan Kombong.


"Suhu ruangan juga perlu diperhatikan, tidak boleh panas dan tidak boleh juga terlalu dingin, kira-kira bersuhu lembab agar Jamur Tiram dapat tumbuh dengan baik," ujarnya.



Ia juga menambahkan bahwa pihaknya masih perlu banyak belajar membudidayakan jamur tiram tersebut. Para Babinsa pun terkadang tidak segan-segan bertanya kepada kelompok masyarakat yang mana beberapa waktu lalu pertama kali belajar.


"Awalnya belajar budidaya Jamur Tiram di kediaman Bapak Lubis di Kepenghuluan Panca Mukti Kecamatan Bagan Sinembah Raya, apa yang menjadi kendala akan diberitahu solusinya," pungkasnya.


Dan oleh karenanya, Danramil berharap masyarakat juga turut serta melakukan program ketahanan pangan skala rumahan. Dan pihaknya juga tidak segan-segan mengajak masyarakat untuk sama-sama belajar membudidayakan jamur tiram. (iloeng)

TerPopuler