Pajak Lama Bagan Batu Kebakaran, Puluhan Los Pedagang Ludes -->

Pajak Lama Bagan Batu Kebakaran, Puluhan Los Pedagang Ludes

Rabu, 24 Februari 2021, 12:18:00 PM
Link Banner
Kobaran api dan asap yang mengepul saat kejadian, Selasa (23/02). (Foto: istimewa)


Inforohil.com, Bagan Batu - Setidaknya Puluhan Los pedagang di pasar Tradisional Pajak Lama Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir ludes dan rata dengan tanah akibat kebakaran, Selasa (23/02/2021) malam kemarin.


Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melalui Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Prabowo SH SIK membenarkan peristiwa kebakaran yang terjadi sekira pukul 20.10 wib tersebut.


"Ya, dari keterangan saksi kejadian sekira pukul 20.10 wib tadi malam, setidaknya 80an los ludes terbakar. Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan," ungkap Indra.


Dijelaskan Kapolsek, peristiwa itu terjadi diketahui oleh saksi, Sunardi Surbakti (51) dan Fadil Azhar (16) ketika selesai melaksanakan sholat Isya di Musholla An-Nas Pajak Lama.


"Kedua saksi melihat api dari kios pajak milik Budi pedagang kelapa, H Gogo pedagang ayam potong, Harahap pedagang kelapa dan Sahat Simatupang yang masih kosong. Yang mana kios-kios atau Los pajak berada di tengah areal pajak lama dan bangunan merupakan satu dinding," beber Kapolsek.


Lebih lanjut, Kapolsek menjelaskan bahwa ketika pertama kali saksi melihat api sudah dalam keadaan marak akan tetapi belum membesar. Namun sesaat kemudian menjalar melalui kabel listrik ke Los pedagang lainnya.


"Lebih kurang 80an bangunan berupa Los pedagang hangus terbakar, namun belum dipastikan jumlahnya berapa, diperkirakan kerugian mencapai Milyaran Rupiah," terang Indra.


Hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan sehingga belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran.


"Dari keterangan saksi lainnya, yakni Yusuf (50) pedagang di Pajak Lama itu melihat api sekitar pukul 19.50 wib, Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada korban jiwa dari laporan yang kita terima," pungkasnya.


Dan menurut keterangan saksi Yusuf, ia melihat api pertama kali di atas asbes atau plafon kios milik Sahat Simatupang yang kemudian menjalar ke kios-kios lainnya.


"Api padam sekira pukul 00.00 wib dengan menggunakan 1 unit mobil Damkar milik Pemda Rohil dan Damkar milik PT Salim Ivomas Pratama dibantu masyarakat, TNI-Polri," tandasnya.


Sementara itu, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi menyebutkan bahwa sampai dengan saat ini pihaknya masih mendata jumlah Los yang terbakar.


"Untuk laporan sementara ada 82 Los yang terdata, yang paling banyak Los milik H Syawal 15 unit dan H Nuryanan 11 unit," terang Sakinah.


Dan melalui media ini, Sakinah mengucapkan turut berduka atas musibah yang menimpa pedagang Pajak Lama Selasa malam kemarin.


"Kami atas nama pemerintah kecamatan mengucapkan turut berduka, semoga secepatnya pusat perekonomian masyarakat Bagan Batu itu segera pulih," ucapnya. (iloeng)

TerPopuler