Babinsa Koramil 03/Bgs Verifikasi Hotspot di SPC, Hasilnya Nihil Titik Api -->

Babinsa Koramil 03/Bgs Verifikasi Hotspot di SPC, Hasilnya Nihil Titik Api

Rabu, 06 Januari 2021, 11:40:00 AM
Link Banner
Serka MP Nababan dan Serda Riki Chandra saat verifikasi hotspot di Balai Jaya, Rabu (06/01).


Inforohil.com, Balai Jaya - Panas limbah dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) terdeteksi sebagai titik api atau Hotspot dalam aplikasi Dashboard Lancang Kuning. 


Dan untuk memastikan itu, Babinsa Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil Serka MP Nababan dan Serda Riki Chandra memverifikasi ke titik koordinat yakni di kolam limbah milik PKS PT SPC, KM 37 Kepenghuluan Balai Jaya Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir, Rabu (06/01/2021).


Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol melalui Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa membenarkan giat verifikasi hotspot tersebut.


"Puji Tuhan, hasilnya nihil titik api. Terdeteksi di Dashboard Lancang Kuning dikarenakan suhu panas dari kolam limbah, bukan dari titik api," terang Danramil.


Pada kesempatan itu, para Babinsa juga didampingi pihak perusahaan, Bapak Dedi Mulyono di titik koordinat Lattitude : N 1° 41' 46" Longitude : E 100° 33' 51" persis di kolam limbah PKS Wilmar Group tersebut.


Dijelaskan Danramil, verifikasi itu merupakan tindakan nyata untuk mengetahui kebenaran hotspot yang terdeteksi dalam aplikasi Dashboard Lancang Kuning.


Dan oleh karenanya, Danramil berharap kepada masyarakat apabila mengetahui adanya titik api juga untuk tidak sungkan-sungkan berkoordinasi dengan Babinsa setempat agar dapat diminimalisir.


"Sebab kebakaran lahan dan hutan ini merupakan tanggungjawab bersama, maka dari itu kepada masyarakat apabila mengetahui adanya titik api, atau indikasi terjadinya Karlahut, segera hubungi aparat setempat baik Babinsa atau lainnya," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler