Hari Juang Kartika, Koramil Bagikan Sembako kepada PEPABRI -->

Hari Juang Kartika, Koramil Bagikan Sembako kepada PEPABRI

Rabu, 16 Desember 2020, 1:06:00 PM
Link Banner
Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa saat menyerahkan bantuan sembako kepada PEPABRI dalam rangka Hari Juang Kartika, Selasa (15/12) kemarin.


Inforohil.com, Bagan Batu - Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) TA 2020, Kodim 0321/Rohil melalui Koramil 03/Bgs membagikan Sembako kepada PEPABRI.


Pembagian sembako itu langsung diserahkan Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa di halaman kantor Kepenghuluan Bagan Manunggal Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (15/12/2020) kemarin.


Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol melalui Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa kepada wartawan, Rabu (16/12) menyampaikan bahwa kegiatan pembagian sembako itu dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika Tahun 2020.


"Puji Tuhan, kegiatan pembagian sembako berjalan dengan lancar dan kondusif," ungkapnya.


Dijelaskan Danramil, Hari Juang Kartika itu dilatarbelakangi peristiwa bersejarah yang terjadi puluhan tahun silam di Kota Ambarawa, Jawa Tengah. Peristiwa itu dikenal dengan nama Palagan Ambarawa.


Dikutip dari laman tniad.mil.id, Palagan Ambarawa bermula saat tentara sekutu dibawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang, Jawa Tengah, pada Oktober 1945. 


Kedatangan sekutu yang diboncengi Netherlands-Indies Civiele Administration atau NICA untuk mengurus tawanan perang dan tentara Jepang yang berada di Jawa Tengah.


Awalnya, Gubernur Jawa Tengah Mr Wongsonegoro menyambut baik kedatangan mereka. Bahkan, ia menyediakan bahan makanan dan keperluan lain guna kelancaran tugas sekutu. Sementara, para sekutu sudah berjanji tidak akan mengganggu kedaulatan Indonesia.


Namun, ternyata pasukan sekutu dan NICA membuat bangsa Indonesia marah. Sebab, saat mereka sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut malah dipersenjatai. 


Bahkan, mereka melakukan provokasi-provokasi seperti mengenakan seragam militer lengkap, menangkap dan menyiksa para pemuda pejuang Indonesia.


Oleh karenanya, untuk memperingati peristiwa kelam itu, TNI AD khususnya Koramil 03/Bgs membagikan sembako kepada warga masyarakat khususnya Keluarga Besar TNI (KBT) yakni PEPABRI.


"Harapan kita, peristiwa kelam dahulu kita jadikan pelajaran untuk Indonesia kedepannya," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler