Latif Ingatkan Camat Simpang Kanan Harus Netral Pada Pilkada Rohil -->

Latif Ingatkan Camat Simpang Kanan Harus Netral Pada Pilkada Rohil

Kamis, 15 Oktober 2020, 3:01:00 PM
Link Banner


Inforohil.com, Simpang Kanan - Untuk kondusifitas pilkada Rohil yang akan digelar 9 Desember 2020, Muhammad Nur Latif selaku pemuda Simpang Kanan mengingatkan Camat Simpang Kanan untuk menjaga netralitasnya pada pilkada Rohil.


"Kami ingatkan Camat Simpang kanan, Aparatur Kecamatan, Lurah dan Penghulu Se-Kecamatan Simpang Kanan untuk menjaga netralitas untuk mewujudkan pilkada rohil kondusif dan berjalan lancar," ungkap Latif kepada sejumlah awak media, Kamis (14/10).


Dijelaskan Larof, Netralitas ASN dalam Pemilihan (Pilkada) diatur dalam Undang-Undang dapat ditemukan dalam Pasal 71 UU No. 1/2015 yang berbunyi:


“Pejabat Negara, Pejabat Aparatur Sipil Negara, dan Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah dilarang Membuat Keputusan dan/atau Tindakan yang Menguntungkan atau Merugikan Salah Satu Calon selama masa Kampanye”.


Dasar regulasi ini sangat jelas bahwa camat, lurah, penghulu dilarang berkampanye secara lisan maupun tulisan apalagi mengumpulkan masyarakat secara terselubung untuk mendukung salah satu calon.


"Masyarakat simpang kanan dikenal dengan santunnya, maka jangan diusik, diintervensi apalagi adanya ketidaknetralan Camat," tambahnya.


Pengawasan Pilkada serentak di Rohil bukan hanya tanggungjawab Bawaslu ataupun Panwascam, masyarakat juga berhak terlibat melakukan pengawasan untuk terselenggaranya pilkada langsung, umum, bersih, rahasia, jujur dan adil.


"Awasi dan laporkan siapapun ASN yang tidak netral dalam pilkada rohil, termasuk Camat, jangan segan apalagi takut, saya siap mendampingi masyarakat yang dapat intervensi," tutup Latif. (rilis)

TerPopuler