Bupati Rohil Kukuhkan Paguyuban Kesenian Etnis Jawa di Bagan Sinembah -->

Bupati Rohil Kukuhkan Paguyuban Kesenian Etnis Jawa di Bagan Sinembah

Kamis, 17 September 2020, 3:35:00 PM
Link Banner
Bupati Rohil H Suyatno Amp saat mengukuhkan Paguyuban Setyo Budoyo di Bagan Sinembah, Kamis (17/09).


Inforohil.com, Bagan Sinembah - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno Amp melaksanakan pelantikan dan pengukuhan Paguyuban Kesenian Etnis Jawa 'Setyo Budoyo'.


Kegiatan itu dilangsungkan di Gedung Putra Solo, KM 05 Jln Perjuangan Dusun Bangun Rejo Kepenghuluan Bahtera Makmur Kecamatan Bagan Sinembah, Kamis (17/09) sekira pukul 14.00 wib.


Turut hadir Ketua DPRD Rohil Maston, para Kepala OPD, Upika Bagan Sinembah, Ketua MPC Pemuda Pancasila Rohil Taem Pratama, Tokoh Pemuda Rohil Muhammad Maliki serta para undangan lainnya.


Adapun pengurus Setyo Budoyo yang dilantik dan dikukuhkan sebagai Ketua Umum H Tamrin, wakil ketua I Parlaungan, Wakil Ketua II Samsir, Wakil Ketua III Langgeng. Sekretaris Dewi Novita dan Bendahara Ade Irma serta pengurus lainnya.


Mewakili Ketua Umum H Tamrin, Parlaungan mengucapkan terimakasih atas kesediaan Bapak Bupati hadir langsung untuk mengukuhkan paguyuban kesenian etnis Jawa Setyo Budoyo tersebut.


Pada kesempatan itu Parlaungan juga mengucapkan permohonan maaf karena ketua umum tidak bisa hadir dalam acara tersebut dikarenakan ada suatu halangan.


Selain itu ia juga berharap agar kesenian budaya jawa turut serta dilibatkan dalam kegiatan daerah seperti Ulang Tahun Kecamatan atau kabupaten.


"Kaki harap juga diselenggarakan festival kesenian budaya jawa ini setahun sekali untuk melestarikan budaya," harapnya.


Sementara itu, Bupati Rohil H Suyatno Amp dalam sambutannya mengucapkan Tahniah dan selamat kepada pengurus Setyo Budoyo yang dilantik.


Beliau juga mengaku salut dan bangga, bagaimana tidak, pengurus budaya kesenian budaya jawa ini diisi oleh warga Rokan Hilir yang bermarga. Hal ini menandakan Bhineka tunggal Ika yang artinya kesenian budaya Jawa dipimpin orang yang bermarga.


"Ini menandakan kedamaian di negeri kita, yang artinya kepedulian warga terhadap seni budaya dan Rohil milik bersama," tandasnya.


Pada kesempatan itu Suyatno juga menanggapi apa yang menjadi harapan pengurus Setyo Budoyo agar melibatkan kesenian budaya jawa dalam berbagai kesempatan. Ia setuju akan usul tersebut dan kegiatan festival kesenian setahun sekali akan dilaksanakan guna menjaga kelestarian budaya yang ada di Rokan Hilir.


Bupati juga mengungkapkan bahwa sebelum dilaksanakan kegiatan ini, pengurus mengundang secara langsung dan ia turut memberikan bantuan berupa alat kesenian dengan menggunakan dana pribadi.


"Kali ini saya juga akan memberikan bantuan Rp 10 juta dari dana pribadi saya kepada Setyo Budoyo. Sekali lagi kami ucapkan Tahniah dan selamat bagi pengurus," ucapnya dan kemudian menyerahkan bantuan dengan dana pribadi kepada pengurus Setyo Budoyo. (iloeng)

TerPopuler