Babinsa Ramil 02/TP Kembali Patroli dan Sosialisasi Karhutla -->

Babinsa Ramil 02/TP Kembali Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Jumat, 11 September 2020, 5:27:00 PM
Link Banner
Pelda EH Purba saat patroli Karhutla di Mumugo, Jumat (11/09).


Inforohil.com, Tanah Putih - Meski beberapa hari belakangan wilayah Kabupaten Rokan Hilir diguyur hujan, upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus dilaksanakan tim satgas Posko 05 Kecamatan Tanah Putih.


Kali ini patroli dan sosialisasi dilaksanakan Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil Pelda EH Purba bersama Datuk Penghulu Mumugo dan Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kepenghuluan Mumugo Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Jumat (11/09/2020).


"Alhamdulillah nihil titik api dan asap khususnya di wilayah Kepenghuluan Mumugo," kata Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol melalui Danramil 02/TP Kapten Arh Jemirianto.


Dijelaskannya, salah satu upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan perlu dilakukan kerjasama dan koordinasi yang baik antar instansi serta masyarakat.


Munculnya titik api selain faktor alam juga tidak sedikit diakibatkan ulah oknum masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar.


Dibeberapa titik, lanjut Jemirianto pihaknya juga telah membuat percontohan atau Demplot pertanian tanpa harus membakar lahan dengan jenis tanaman Nenas.


"Begitu juga program ketahanan pangan yang kemarin dilaksanakan panen raya oleh pak Danrem dan Gubernur Riau di Kecamatan Pekaitan, dan masih banyak contoh lainnya agar masyarakat tereduksi membuka lahan tanpa harus dengan membakar," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler