Demplot Pertanian, Koramil 02/TP Budidaya Pohon Nenas -->

Demplot Pertanian, Koramil 02/TP Budidaya Pohon Nenas

Kamis, 13 Agustus 2020, 2:20:00 PM
Link Banner


Inforohil.com, Tanah Putih - Guna mensukseskan program Demplot Pertanian, Koramil 02/TP yang membudidayakan tanaman jenis Nenas yang saat ini sudah berusia 6 bulan, disibukkan dengan melakukan perawatan, Kamis (13/08).


Demplot Pertanian yang ditanam di lahan tertidur milik Pemda Rokan Hilir itu berada di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih.


Kegiatan perawatan itu dipimpin oleh Pelda EH Purba bersama anggota dan masyarakat yang terlibat mensukseskan demplot pertanian tersebut.


"Total lahan yang ditanam pohon Nenas itu lebih kurang mencapai 1 Hektar dengan jumlah 13.000 batang pohon," kata Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar.


Dijelaskan Danramil, dari perkiraan buah Nenas sudah bisa dipanen pada bulan Februari 2021 mendatang.


Demplot Pertanian itu menurut Danramil lagi bertujuan untuk mengurangi bahaya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), juga untuk merubah mindset masyarakat dari yang biasa menanam kelapa sawit menjadi lahan pertanian khususnya pohon Nenas yang sangat cocok di lahan gambut.


Juga dapat menambah penghasilan, dengan modal kecil keuntungan lebih besar jika dibandingkan dengan kelapa sawit. 


"Pohon Nenas ini sangat cocok di lahan gambut, sebab tidak banyak menyerap kandungan air dalam ranah sehingga cadangan air cukup untuk kebutuhan Lingkungan," tandasnya.


Demplot Pertanian itu juga merupakan program ketahanan pangan ditengah pandemi covid-19. (iloeng)

TerPopuler