Koramil 02/TP Rawat Lahan Demplot Tanaman Nenas

Koramil 02/TP Rawat Lahan Demplot Tanaman Nenas

Senin, 20 Juli 2020, 2:31:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Tanah Putih - Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil melaksanakan perawatan lahan Demplot pertanian dengan jenis tanaman Nenas.

Perawatan tanaman Nenas di lahan seluas kurang lebih 1 hektar di wilayah Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir itu dilaksanakan oleh 5 orang anggota Koramil 02 yang dipimpin Serma Tarmin pada Senin (20/07/2020).

"Ada sebanyak 13 ribu batang Nenas di lokasi lahan tidur milik Pemda Rohil tersebut," ungkap Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar.

Dijelaskannya, umur tanaman Nenas saat ini berusia 5 bulan. Dan selain ketahanan pangan dalam menghadapi covid-19 Demplot itu juga bertujuan untuk mengurangi bahaya Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) khususnya di wilayah Kepenghuluan Rantau Bais.

Dengan begitu, diharapkan dapat merubah mindset masyarakat terhadap komoditas perkebunan sawit semata.

"Apalagi di lahan gambut, pohon Nenas sangat bagus ditanam. Ditambah bercocok tanam Nenas modalnya tidak terlalu besar dan keuntungan lebih besar daripada Kelapa Sawit," beber Khairul.

Selain itu, lanjut Danramil kembali bahwa pohon Nenas tidak merusak lingkungan yang salah satunya tidak menyerap kandungan air dalam tanah seperti kelapa sawit, sehingga cadangan air tetap terjaga.

"Perawatannya juga tidak rumit, dan pangsa pasarnya juga terbuka dengan hanya menjajakan di pinggir jalan seperti di Simpang Bukit Timah," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler