Bangkitkan Minat Tani Tanpa Bakar, Babinsa Kembali Ajak Warga Kampanyekan Pola Demplot -->

Bangkitkan Minat Tani Tanpa Bakar, Babinsa Kembali Ajak Warga Kampanyekan Pola Demplot

Jumat, 15 Mei 2020, 1:38:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Basira - Jajaran TNI terus berusaha untuk membangkitkan rasa optimis warga terhadap peningkatan ekonomi dari sektor pertanian tanpa bakar, serta mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). 

Hal ini yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 03/Bgs, Pelda Sarwoko beserta personil lainnya kembali mengkampayekan pertanian pola demplot. 

Bahkan, selain melakukan perawatan, jajaran TNI tersebut yang bekerjasama dengan pihak kepenghuluan juga terus melakukan upaya pengenalan dan sosialisasi pertanian pola demplot tersebut 

"Pertama, sistem demplot itu adalah untuk mencegah dan mengantisipasi karlahut. Dan kedua, kita mengajak warga masyarakat untuk terus tetap bertani namun tidak menggunakan pola lama, yakni bakar," jelas Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa, Jumat (15/05/2020).

Selain itu, lanjutnya lagi proses pertanian pola demplot itu juga mengajak para masyarakat untuk dapat berolah fikir. "Maksudnya kita jangan hanya fokus pada pertanian kelapa sawit saja, namun pertanian lainnya juga cukup potensi didaerah kita ini," terang Danramil.

Bahkan, Danramil memberi contoh pertanian pola demplot di kepenghuluan Bagan Sinembah Timur, kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira). "Dilahan demplot itu sekarang warga berlomba-lomba menanam semangka dan cabai," ujarnya lagi. (iloeng)

TerPopuler