Koramil 03/Bgs Patroli Karlahut di Simpang Kanan -->

Koramil 03/Bgs Patroli Karlahut di Simpang Kanan

Jumat, 24 April 2020, 3:21:00 PM
Link Banner



Inforohil.com, Simpang Kanan - Anggota Koramil 03/Bgs kembali melaksanakan patroli Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di wilayah Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Rokan Hilir.

Sebanyak 6 orang anggota Koramil 03/Bgs dan dipimpin Dansporamil Simpang Kanan, Peltu S. Fuad melaksanakan patroli Karlahut di Kepenghuluan Bukit Selamat, Kecamatan Simpang Kanan, Jumat (24/04/2020).

"Pada patroli kali ini tidak ditemukan titik api di wilayah Kepenghuluan Bukit Selamat Kecamatan Simpang Kanan," kata Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa.

Selain melaksanakan patroli, para Babinsa juga melaksanakan sosialisasi tentang bahaya karlahut kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Sebab, selain dapat merusak alam dan menyebabkan kabut asap, pelaku pembakar lahan juga mendapat ancaman pidana yang mana masa kurungannya tidak sebentar," ungkapnya. 

Menurutnya, bahwa memberikan pemahaman itu adalah salah satu upaya efektif untuk pencegahan terjadinya karlahut. "Dengan rutinnya kita lakukan sosialisasi tentang larangan dan bahaya karlahut maka sudah barang tentu masyarakat tidak akan lagi melakukan hal terlarang itu," ujarnya lagi. 

Danramil juga menyebutkan, bahwa dengan menjaga hutan secara tidak langsung juga akan memperpanjang usia. 

"Artinya, jika hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon itu tetap hidup dan berkembang tentu ketersediaan oksigen juga akan semakin banyak. Itulah artinya keseimbangan tersebut," ungkap Kapten Inf Y Mendrofa lagi. (iloeng)

TerPopuler