Satgas Karhutla Laksanakan Pemeliharaan Deplot Pertanian -->

Satgas Karhutla Laksanakan Pemeliharaan Deplot Pertanian

Senin, 09 Maret 2020, 11:06:00 AM
Link Banner
Deplot pertanian Subsatgas Kecamatan Bagan Sinembah Raya. (Dok: Koramil 03/Bgs) 

Inforohil.com, Bagan Batu - Selain meningkatkan patroli serta sosialisasi bahaya kebakaran lahan dan hutan (karlahut), tim Satuan Tugas (Satgas) Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) melaksanakan kegiatan pemeliharaan deplot pertanian.

"Deplot pertanian satgas karhutla bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa membuka kebun baru tidak harus dengan membakar dan diwilayah kita masih banyak komoditas perkebunan yang bernilai ekonomi tinggi yang dapat dijadikan sebagai mata pencarian warga selain dari kelapa sawit yang telah umum di usahakan oleh masyarakat," jelas Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa, Senin (09/03/2020). 

Dengan upaya Deplot pertanian itu, lanjut Danramil lagi semoga dapat menggugah masyarakat agar tidak membakar hutan dalam setiap membuka dan mengolah kebun.

"Dan juga masih ada tanaman lain selain kelapa sawit yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi, yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terang Mendrofa.

Dimana, Satgas Karhutla Kecamatan Basira yang dibawah Komando Camat Bagan Sinembah Raya, Drs HM Yusuf Msi membuat deplot pertanian berupa kebun tanaman cabai seluas 0,5 hektare yang terletak di Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur.

"Untuk sementara ini pak Camat selaku Dansatgas mempelopori lahan seluas 0,5 hektare untuk diolah menjadi kebun tanaman cabai dan itu lokasinya di kepenghuluan Bagan Sinembah Timur," ungkap Danramil. (iloeng

TerPopuler