Hari Terakhir, Koramil 02/TP Memberikan Wawasan Kebangsaan di SMK -->

Hari Terakhir, Koramil 02/TP Memberikan Wawasan Kebangsaan di SMK

Selasa, 10 Maret 2020, 12:16:00 PM
Link Banner
Babinsa Koramil 02/TP saat memimpin gladi bersih pelantikan siswa-siswi SMK Muhammad Yunus Pujud usai pelatihan wawasan kebangsaan. (Foto: Koramil 02/TP)

Inforohil.com, Tanah Putih - Dalam rangka memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMK Swasta Muhammad Yunus Pujud selama 10 hari sejak 26 Februari lalu, hari ini merupakan hari terakhir latihan dasar kemiliteran oleh Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil.

Para siswa-siswi dilatih oleh Babinsa, Serda Ramadisah dengan pelatihan kemiliteran. Kegiatan yang merupakan permintaan pihak yayasan sekolah itu dilaksanakan untuk membina generasi muda dalam berkehidupan penuh dengan kedisiplinan dalam bernangsa dan bernegara. 

"Materi dasar-dasar kemiliteran kita sisipkan diantaranya, PBB, Penghormatan, Ilmu Medan atau Navigasi darat, pembinaan Fisik/kesegaran Jasmani," kata Serda Ramadisah, Selasa (10/03/2020).

Selain itu, kegiatan Teori di ruangan juga turut dilakukan diantaranya wawasan kebangsaan, cinta tanah air, bela negara, kerukunan umat beragama, sosialisasi narkoba, kenakalan remaja dan sosialisai karhutla. 

"Dan latihan pada hari ini peraturan baris berbaris (PBB) dan geladi bersih pelantikan Rabu besok," katanya lagi. 

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kegiatan itu rutin dilaksanakan setiap tahun atas dasar permintaan yayayan SMK Muhammad Yunus dengan surat 422/YPPMy/SMK-MY/II/2020/72 tanggal 20 Maret 2020 tentang permintaan pelatihan  selama 10 hari terhitung tanggal 26 Februari 2020.

"Sedangkan kegiatan pelantikan akan kita adakan besok Rabu tanggal 11 Maret besok," pungkasnya. 

Kegiatan itu diikuti 111 siswa kelas X yang merupakan siswa baru, kegiatan ini bertujuan membentuk karakter siswa-siswi SMK Muhammad Yunus menjadi generasi yang bisa diandalkan, sesuai yang kita harapkan dengan hasil pelatihan tersebut.

Pelatihan di koordinatori oleh Pelda Ilyas dan 2 orang anggotanya bergantian memberikan materi baik dilapangan dan di ruangan.

"Kita juga bisa berharap SMK Muhammad Yunus yang beralamat di Jln Pembangunan No 1 Pujud bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah menegah atas lainnya," ujar Pelda Ilyas. 

Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar membenarkan kegiatan tersebut adalah salah bentuk memberikan wawasan kebangsaan dan kecintaan pada negeri ini serta semangat untuk bela Negara dalam membentuk karakter yang baik dan bisa diandalkan. (rilis)

TerPopuler