Upika Sosialisasi Karhutla, Danramil 02/TP: Laporkan Segera kepada Babinsa -->

Upika Sosialisasi Karhutla, Danramil 02/TP: Laporkan Segera kepada Babinsa

Senin, 17 Februari 2020, 4:34:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Tanah Putih - Unsur pimpinan Kecamatan Tanah Putih meliputi Camat, Kapolsek dan Danramil 02/TP melaksanakan sosialisasi pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (17/02/2020).

Danramil 02/TP Kapten inf Khairul Anwar yang pada kesempatan itu menyampaikan agar elemen masyarakat segera melaporkan kepada Babinsa atau Bhabinkamtibmas jika terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut. 

Sebab, Karhutla sangat berbahaya yang mengakibatkan kerugian segala aspek kehidupan dan lingkungan hidup. 

"Intinya, TNI siap membantu, baik dalam pencegahan dan penaggulangan Karhutla sehingga api tidak meluas. Jadi apabila ada kejadian (Karhutla) segera laporkan pada kesempatan pertama, yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas," tegasnya. 

Dengan begitu, lanjut Danramil, bisa bahu membahu dalam penanggulangan serta menjaga kekompakan selalu, serta sinergitas 3 Pilar dalam pencegahan dan penaggulangan Karhutla dan masalah yang lainnya.

Sementara itu, Camat Tanah Putih yang diwakilu Kasi Trantib, Alex dalam arahanya menghimbau kepada warga masyarakat yang mengolah hutan dengan cara tidak dengan membakar dan apa bila ada titik api agar melaporkan ke RT, RW, Kadus dan datuk penghulu sehingga cepat untuk ditangani.

Sementara itu, Kapolsek Tanah Putih yang diwakili Wakapolsek AKP Kamaluddin Tambak dalam arahannya melarang membuka lahan dengan cara membakar. 

Pada kesempatan itu ia juga menekankan kepada masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan tanpa diawasi. Sebab, membakar sampah juga bisa menyebabkan kebakaran lahan. 

"Karena saat ini musim kemarau dan angin cukup kencang. Maka dari itu, marilah sama-sama kita jaga sikap kita yang berujung fatal," pesannya. 

Datuk Penghulu Rantau Bais, Yusri Kandae ST selaku pembawa mateti memaparkan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Yusri juga memaparkan mengenai kondisi wilayah Kepenghuluan Rantau Bais untuk rencana kerja dalam menghadapi Karhutla serta menjelaskan hambatan dalam pelaksanaan penanganan karhutla, upaya mengatasi serta menyimpulakn semua kegiatan dalam pencegahan dan penaggulangan Karhutla tahun 2020. (rilis

TerPopuler