Babinsa Koramil 02/TP Tingkatkan Patroli Guna Antisipasi Karhutla -->

Babinsa Koramil 02/TP Tingkatkan Patroli Guna Antisipasi Karhutla

Selasa, 25 Februari 2020, 4:11:00 PM
Link Banner
Kopda PA Simanjuntak saat patroli antisipasi Karhutla di Tanah Putih Tanjung Melawan, Selasa (25/02). (Foto: Koramil 02/TP)


Inforohil.com, Tanah Putih - Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan rawan kebakaran, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Kopda PA. Simanjuntak terus meningkatkan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

Dan kali ini melaksanakan patroli di wilayah yang dianggap rentan terhadap kebakaran Hutan di Desa binaan yaitu di Desa Melayu Besar Kota Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (25/2/2020).

Dimulai dari pagi hari, Babinsa dengan menggunakan sepeda motornya menyisir beberapa titik di desa Melayu Besar Kota, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan yang dianggap rentan rawan Karhutla.

Terkadang harus rela untuk 'berjalan kaki' menyusuri lebatnya hutan dan Rawa karena tak dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor, tidak mengurangi semangat para Babinsa di Desa dalam melaksanakan tugasnya.

Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar kepada wartawan mengatakan bahwa Kelurahan Melayu Besar Kota merupakan daerah yang masih terdapat lahan rawa sangat luas yang saat ini sudah mulai mengering, sehingga menjadi kerawanan sangat tinggi terhadap terjadinya kebakaran lahan.

Dalam melaksanakan patroli, pihaknya tak henti-hentinya melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga masyarakat, khususnya yang bermukim dekat lahan tersebut.

"Tujuannya untuk turut menjaga dan mencegah agar tidak membakar lahan kosong dengan alasan apapun, apabila ditemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan petugas terkait utamanya dengan Babinsa yang ada di wilayahnya," kata Khairul.

Hal itu dikarenakan kerawanan yang tinggi, sehingga pihaknya juga harus ekstra dalam melaksanakan patroli sehingga lahan rawa kosong tersebut aman dari kebakaran. (rilis)

TerPopuler