Syafril: BUMD Harus Diberdayakan Sebagai Sumber Dana Pemasukan Daerah

Syafril: BUMD Harus Diberdayakan Sebagai Sumber Dana Pemasukan Daerah

Selasa, 07 Januari 2020, 8:26:00 AM
Link Banner

Inforohil.com, Bagansiapiapi - Bakal wakil bupati (Bawabup) Kh Syafril Patoh SE MSi yang mengikuti konvensi kandidat di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Rokan Hilir (Rohil), Senin (6/1/2020) di Bagansiapiapi. 

Syafril maju sebagai Bawabup bertekad akan memberdayakan BUMD Rohil semaksimal mungkin untuk dijadikan sebagai pemasukan keuangan daerah agar pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Rohil semakin bertambah. 

Syafril menilai, selama ini BUMD Rohil belum dikelola secara profesional, sehingga belum nampak hasilnya untuk membantu keuangan daerah yang saat ini mengalami defisit anggaran. 

Dengan luasnya wilayah Kabupaten Rohil, menurut penghulu Kasang bangsawan lima periode itu, ada banyak peluang bisnis yang bisa dikelola oleh BUMD. 

Misalnya, dengan membuat BUMD koperasi simpan pinjam. Tentunya dengan adanya koperasi ini, akan memudahkan para pegawai negri maupun honorer yang membutuhkan dana pinjaman. "Tapi dengan catatan, bunganya yang rendah pula," kata Syafril. 

Selain itu lanjut Syafril, dia melihat Rohil ada banyak pengusaha sarang walet. Sampai saat ini pengusaha sarang walet itu belum terakomodir penjualan nya. Disini BUMD harus bisa melihat peluang yang bisa menghasilkan PAD hingga ratusan juta ini. 

"Harga walet sekarang 10 juta perkilo, kita kasih itu modal ke BUMD kita sanggupi beli 15 juta, karena kita ekspor bisa jadi 35 juta perkilo. Ini juga bisa merekrut ribuan tenaga kerja nantinya," papar Syafril. (syawal

TerPopuler