Mahasiswa Kukerta UR Lakukan Kegiatan Go pro Green for Clean di Pematang Ibul -->

Mahasiswa Kukerta UR Lakukan Kegiatan Go pro Green for Clean di Pematang Ibul

Jumat, 23 Agustus 2019, 6:23:00 AM
Link Banner
Inforohil.com, Bangko Pusako - Mahasiswa Universitas Riau (UR) yang sedang mengikuti kuliah kerja nyata (Kukerta) di Kepenghuluan Pematang Ibul Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau melakukan kegiatan peduli lingkungan berupa Go Green For Clean di perkarangan kantor desa dan juga beberapa tempat di Desa Pematang Ibul.

Kegiatan Go Green For Clean ini berupa penanaman dan pembagian bibit pohon serta pemberian beberapa tong sampah organik dan non organik kepada aparat desa dan masyarakat Pematang Ibul.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kesadaran kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan desa dan dapat mewujudkan desa yang hijau, bersih dan asri.

Koordinator Desa, M Nurwachid mengatakan bahwa pembagian bibit ini sesuai dengan tagline Pemprov Riau pada saat Hari Ulang Tahun Riau yang ke-62 yakni “Riau Hijau dan Bermartabat”. Oleh karena itu mahasiswa UR membantu menyukseskan tagline tersebut dengan melakukan kegiatan ini.

Penanaman dan pembagian bibit pohon ini dilakukan oleh Mahasiswa Kukerta UNRI lebih dari 300 bibit pohon, diantaranya bibit pohon nangka, durian, sirsak, trambesi dan pulai. Bibit pohon ini berasal dari hasil kerja sama Mahasiswa Unri bersama Dinas Kehutanan Provinsi Riau.

Kegiatan Go Green For Clean ini dilaksanakan selain agar memberikan manfaat penghijauan bagi masyarakat dan lingkungan, kegiatan ini juga merupakan membantu menjalankan program Misi Pemerintah Dinas Kehutanan Provinsi Riau untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam konservasi hutan (penghijauan) yang berwawasan lingkungan.

Kegiatan penanaman bibit pohon dan penyerahan tong sampah organik dan non organik ini selain dilakukan oleh mahasiswa dan warga desa, juga diikuti oleh Kepala Desa  Sumarlin S.H dan Ketua Karang Taruna serta Ketua Pemuda Desa Pematang Ibul.

Dibawah bimbingan Drs. Andewi Rokhmawati, SE., M.Si., M.Ed Mahasiswa Kukerta UNRI 2019 menggagas kegiatan ini. Mahasiswa Kukerta UNRI beranggotakan 10 orang dan terdiri dari 5 fakultas yang berbeda, yakni M Nurwachid (FEB), Adil Asyhadi Supma (FISIP), Muhammad Fauzan (FKIP), Chairul Amri (FEB), Irma Ardila Nengsih (FAPERIKA), Febri Wahyunita (FISIP), Resta Edra Ridholana (FMIPA), Winda Srimaryani (FAPERIKA), Dayana Ulfandri (FMIPA) dan Samroh (FKIP).

"Melihat peluang dan kegiatan apa yang sebaiknya dilakukan selama Kukerta berlangsung. Kukerta yang merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengabdian kepada masyarakat membentuk kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak yang baik bagi masyarakat dan juga lingkungan," jelas Nurwachid.

Berikut kegiatan Go Green For Clean di Desa Pematang Ibul Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir. Selain menanam pohon yang tersebut diatas kami juga menanam tanaman bunga untuk mempercantik pemandagan di kantor penghulu Kepenghuluan Pematang Ibul Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir. Ada 3 jenis tanaman yang kami tanam, yakni bunga mawar, melati dan brokoli kuning. (rilis)

TerPopuler