Anggota Koramil 03/Bgs Patroli dan sosialisasi Karlahut di Kota Parit -->

Anggota Koramil 03/Bgs Patroli dan sosialisasi Karlahut di Kota Parit

Rabu, 28 Agustus 2019, 2:09:00 PM
Link Banner
Anggota Koramil 03/Bgs saat melakukan patroli Karlahut di Kepenghuluan Kota Parit. 

Inforohil.com, Bagan Batu - Guna meminimalisir terjadinya bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) anggota Koramil 03/Bgs melaksanakan patroli dan sosialisasi di Dusun Ampaian Rotan Kepenghuluan Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan, Rabu (28/8).

Patroli itu dipimpin oleh Serma S Manurung dengan diikuti para Babinsa.

Danramil 03/Bgs Kapten Arh Hulman Sitorus kepada inforohil.com mengatakan bahwa giat patroli dan sosialisasi dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya petani sawit dalam menjaga kebun agar tidak terjadi Karlahut.

"Dimana selama ini, bencana Karlahut terjadi akibat kurangnya kesadaran petani dalam menjaga kebun dan membuka lahan dengan cara membakar," ungkap Danramil.

Oleh karenanya, kata Danramil lagi, dengan meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga kebun, dapat meminimalisir terjadinya kebakaran dan dapat segera diatasi sedini mungkin.

Disebutkan Danramil, perkebunan kelapa sawit milik warga kebanyakan hanya ditinggali oleh penjaga yang tidak sesaui dengan luas lahan.

"Kebanyakan pemiliknya warga Sumut, dan alat fasilitas untuk upaya pemadaman juga terkadang tidak tersedia. Disamping itu, yang memiliki lahan sedikit, lahannya tidak ditunggui hanya saat panen dan membersihkan lahan saja," beber Danramil.

Oleh karenanya, patroli dan sosialisasi terus dilakukan jajarannya dan melalui media juga ia mengimbau kepada warga pemilik lahan untuk meningkatkan penjagaan lahan agar terhindar dari kebakaran, baik disekitar lahan juga di lahan milik yang bersangkutan.

"Marilah kita sama-sama saling menjaga, sebab lebih baik mengantisipasi daripada menanggulangi atau memadamkan Karlahut," imbaunya. (iloeng)

TerPopuler