Puntung Rokok 'Pemancing' Bisa Picu Karlahut, Babinsa Koramil 03/Bgs Patroli -->

Puntung Rokok 'Pemancing' Bisa Picu Karlahut, Babinsa Koramil 03/Bgs Patroli

Rabu, 31 Juli 2019, 1:40:00 PM
Link Banner
Para Babinsa Koramil 03/Bgs saat patroli dan sosialisasi Karlahut dengan warga yang hendak mencari ikan. 

Inforohil.com, Bagan Batu - Dalam rangka mencegah dan meminimalisir terjadinya Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Babinsa Koramil 03/Bgs melaksanakan Patroli dan sosialisasi di Kepenghuluan Kota Parit, Kecamatan Simpang Kanan.

Dalam patroli dan sosialisasi yang dipimpin Serka Salamun itu mengimbau agar warga khususnya yang sedang memancing ikan agar berhati-hati dalam membuang puntung rokok, sebab bisa memicu terjadinya Karlahut.

Demikian hal itu diungkapkan Danramil 03/Bgs Kapten Arh Hulman Sitorus kepada inforohil.com, Rabu (31/7) siang.

"Ya, dalam patroli itu juga sekaligus sosialisasi agar warga selalu berhati-hati terutama yang sedang mancing dalam membuang puntung rokok," ungkapnya.

Sebab, kata Danramil lagi, puntung rokok yang dibuang sembarangan misalnya jatuh di dahan yang kering, akan sangat mudah menimbulkan titik api terlebih dimusim kemarau saat ini dan dibanyak kasus, salah satu penyebab terjadinya kebakaran adalah puntung rokok.

"Makanya terkadang perusahaan perkebunan kelapa sawit melarang warga memancing di arealny, karena hal itu. Sebab, kalau perkebunan berbadan hukum, jika lalai dan terjadi kebakaran, sanksi hukumnya lebih berat ketimbang warga biasa," ujarnya.

Oleh karenanya, pihaknya tidak bosan-bosannya mengimbau warga untuk menjaga lingkungan sekitar agar terhindar dari bahaya Karlahut yang mengintai dengan ganas disaat musim kemarau seperti sekarang ini.

Tak lupa, tambah Danramil, para Babinsanya juga meminta kepada warga agar selalu berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri jika mengetahui titik api agar upaya pemadaman segera ditindaklanjuti.

"Jangan tunggu api sudah besar dahulu, baru dikabari. Sekecil apapun, dan langsung melakukan tindakan pemadaman segera," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler