PTPN V Terkesan Bungkam, Rumah Kreatif BUMN di Rohil yang Tak Ada Aktivitas

PTPN V Terkesan Bungkam, Rumah Kreatif BUMN di Rohil yang Tak Ada Aktivitas

Senin, 08 Juli 2019, 11:14:00 AM
Link Banner
Rumah Kreatif BUMN PTPN 5 yang tak beraktivitas di jalan Jendral Sudirman Bagan Batu. 


Inforohil.com, Bagan Batu - Rumah Kreatif BUMN atau disingkat RKB milik PTPN V yang berada di jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang tak kunjung buka atau tiada aktivitas menjadi misteri.

Pasalnya sejak diberitakan beberapa waktu lalu, pihak PTPN V yang diminta klarifikasi melalui Surat Email (Surel) di website perusahaan plat merah itu, belum juga memberikan klarifikasi hingga akhirnya terkesan bungkam.

Bahkan, tim media berusaha mengkonfirmasi ke perkebunan milik PTPN V yang terdekat yakni perkebunan Tanah Putih yang berlamat di Kepenghuluan Pasir Putih Utara, Kecamatan Balai Jaya pada Jumat (4/7) kemarin, para Karyawan Pimpinan sedang tidak ada di tempat dan hanya menyisakan Papam kebun yang mengaku juga sebagai Karyawan pimimpinan.

Diberitakan sebelumnya di media ini dengan judul 'Aneh! Rumah Kreatif BUMN PTPN V di Rohil Tak Pernah Buka'. Dimana, hal itu terungkap tidak adanya aktivitas di RKB tersebut menurut keterangan sumber seorang petugas parkir di lokasi tersebut.

Dan dari pengamatan awak media, RKB tersebut sudah ada sejak setahun belakangan namun tak kunjung ada aktivitas sebagaimana peruntukkannya sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN No5 tahun 2007.

Dalam pasal 2 disebutkan bahwa dimana Perseroan dan Perum wajib melaksanakan program Kemitraan dengan Usaha kecil dan program Bina lingkungan yang ditetapkan berdasarkan Keputusan RUPS.

Padahal Program Kemitraan BUMN sangat berpihak dengan Usaha kecil adalah program Untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar jadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana BUMN sesuai dengan Pasal 1 angka 6 Permen BUMN No5/2007.

Berdasarkan keputusan tersebutlah Rumah Kreatif BUMN didirikan untuk wadah dan pembinaan peserta UKM dari pemula sampai yang sudah Go publik.

Tapi kenyataannya, RKB tersebut tidak ada aktivitas sebagaimana peruntukkannya. Diduga hanya sebagai bentuk seremonial belaka. (iloeng)

TerPopuler