Riau Dikepung 27 Hotspot, Rohil Paling Banyak, Segini Jumlahnya..

Riau Dikepung 27 Hotspot, Rohil Paling Banyak, Segini Jumlahnya..

Minggu, 30 Juni 2019, 12:23:00 PM
Link Banner
Ilustrasi (cakaplah.com)

Inforohil.com, Pekanbaru - Titik panas atau hotspot di provinsi Riau semakin banyak. Satelit medeteksi ada 27 titik panas yang tersebar disejumlah kabupaten/kota, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) paling banyak, Ahad (30/6/2019). Jika tak diantisipasi, ini menjadi ancaman serius terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal ini disampaikan oleh Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru Marzuki. Ia mengatakan, 27 titik panas tersebut tersebar di 9 wilayah.

"Rinciannya, di kabupaten Rokan Hilir ada 13 titik, Siak 3 titik dan Pelalawan 5 titik. Sementara itu di Bengkalis, Rokan Hulu, Dumai, Meranti, Kuansing dan Inhu masing-masing satu titik," ujar Marzuki.

Dari 27 titik tersebut, 12 titik dipastikan titik api karena memiliki level konfidence di atas 70 persen. "Dua belas titik tersebut berada di Rohil 18 titik, Rohul 1 titik, Pelalawan 2 titik dan Kuansing 1 titik," cakapnya.

Selain Riau, hotspot juga terdeteksi disejumlah wilayah di Sumatra. Jumlah keseluruhannya 59 titik yang tersebar di Sumatra Utara 3 titik, Sumatra Barat 1 titik, Sumatera Selatan 9 titik, Jambi 4 titik, Bengkulu 6 titik, Lampung 9 titik dan Riau 27 titik. (cakaplah)

TerPopuler