Survei Sukarela, 7,8 Juta Warga Australia Dukung Pernikahan Sejenis

Survei Sukarela, 7,8 Juta Warga Australia Dukung Pernikahan Sejenis

Kamis, 16 November 2017, 1:12:00 AM
Link Banner
Inforohil.com, Australia - Warga Australia telah mencatat sejarah baru memilih untuk mengizinkan pernikahan sesama jenis dalam sebuah jajak pendapat. Pemungutan suara yang tidak mengikat tersebut menunjukkan 61,6% orang menginginkan pasangan jenis kelamin yang sama menikah.

Kepala statistik Australia David Kalisch mengatakan sekitar 7,8 juta orang memilih untuk mendukung pernikahan sesama jenis, dengan sekitar 4,9 juta menentangnya. Dia mengatakan bahwa partisipasi lebih tinggi dari 70% di 146 dari 150 pemilih Australia. Semua kecuali 17 pemilih mendukung perubahan hukum.

"Ini luar biasa untuk survei sukarela dan jauh di atas survei sukarela lainnya yang dilakukan di seluruh dunia," kata Kalisch, seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/11).

Para pendukung yang gembira telah merayakannya di ruang publik, melambaikan bendera pelangi, nyanyian dan tarian. RUU untuk mengubah undang-undang tersebut diajukan ke Senat akhir Rabu. Sekarang akan diperdebatkan untuk amandemen.

Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan bahwa pemerintahnya akan bermaksud untuk meloloskan undang-undang di parlemen pada hari Natal. "Australia telah berbicara dalam jutaan mereka dan mereka telah memilih sangat banyak ya untuk kesetaraan perkawinan," kata Turnbull setelah hasilnya diumumkan.

"Mereka memilih ya untuk keadilan, ya untuk komitmen, ya untuk cinta."

Persoalan ini hanya berlaku untuk pemungutan suara sukarela setelah perdebatan panjang dan sengit tentang mengubah Undang-undang Perkawinan Australia.

Hasilnya pada hari Rabu mengakhiri apa yang pada waktu kampanye panas. Pemungutan suara itu sendiri telah dikritik oleh pendukung perkawinan sesama jenis, yang banyak di antaranya mengatakan bahwa hal itu tidak perlu ketika parlemen dapat memperdebatkan masalah ini secara langsung. (BBC)

TerPopuler