Bhabinkamtibmas Garda Terdepan Polri Awasi Dana Desa, Kompol Eka: Jangan Ada Lagi Penghulu Tersangkut Hukum

Bhabinkamtibmas Garda Terdepan Polri Awasi Dana Desa, Kompol Eka: Jangan Ada Lagi Penghulu Tersangkut Hukum

Jumat, 10 November 2017, 11:00:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Bagan Batu - Menindaklanjuti nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Desa, Kementerian Dalam Negeri dan Kapolri terkait pengawasan Anggaran Dana Desa dan Dana Desa, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Eka Ariandy Putra SH SIK beri pemaparan dihadapan seluruh Datuk Penghulu (Kepala Desa) pada tiga kecamatan.

Acara yang digelar di Ball Room Suzuya Bagan Batu, Jumat (10/11) itu turut serta dihadiri seluruh Bhabinkamtibmas yang ada di tiga kecamatan yang mencakup wilayah tugas Polsek Bagan Sinembah.

Dihadapan para datuk penghulu, Bhabinkamtibmas serta Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP MSI, Camat Balai Jaya, Samsuhir dan Camat Bagan Sinembah Raya, Hadiono, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Eka Ariandy Putra SH SIK menyampaikan bahwa peran Bhabinkamtibmas dalam hal penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) bersifat pengawasan.

"Peran Bhabinkamtibmas ini bersifat pengawasan, artinya lebih kepada pencegahan, agar penggunaan ADD dan DD tepat sasaran," ungkap Kompol Eka.

Kompol Eka juga mengingatkan bahwa pada MoU tersebut, Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan Polri harus benar benar melakukan pengawasan terhadap penggunaan anggaran tersebut.

"Tujuannya agar tidak adalagi kepala desa yang tersangkut hukum terkait ADD dan DD ini, sebab mencegah itu lebih baik," terangnya.

Kompol Eka berharap, dengan sosialisasi ini, apa yang diharapkan dari Kementerian Desa, Kementerian Dalam Negeri dan Kapolri ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

"Kita harapkan dengan adanya kerjasama ini bisa lebih baik lagi dalam menggunakan Dana Desa, mudah mudahan tidak ada penghulu yang menjadi tersangka, asal pengelolaannya sesuai koridor, semua akan baik baik saja," tegas Kompol Eka dan menyarankan kepada kepala desa yang belum paham dengan penggunaan dana desa untuk dapat berkoordinasi dengan pengawas.

Sebelumnya, Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP MSi yang sekaligus mewakili Camat Balai Jaya dan Basira dalam pembukaannya menyampaikan, apresiasi kepada pihak BRI cabang Bagan Batu yang telah mensponsori kegiatan sosialisasi ini.

"Terimakasih atas perhatiannya kepada BRI yang telah memfasilitasi kegiatan ini," ungkap Camat Sakinah mengawali sambutannya.

Camat menyampaikan, sosialisasi pengawasan dan pengelolaan dana desa terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mana pada kesempatan ini, BRI siap menjadi fasilitator dalam pengelolaan dana BUMDes yang bertujuan untuk memudahkan transaksi.

"Ini sangat membantu masyarkat desa. Oleh karena itu kerjasama ini manfaatkan dengan sebaik- baiknya," ungkap camat.

Camat juga meminta kepada para penghulu agar dapat benar benar memahami pemaparan Kapolsek terkait sistem pengawasan yang dilakukan Bhabinkamtibmas nantinya.

"Ini semua untuk kebaikan bersama, agar dana desa tersebut dapat benar benar bermanfaat bagi masyarakat dan bukan untuk kepentingan pribadi yang dapat menjerat diri sendiri," pintanya. (iloeng)

TerPopuler