Tak Hanya Palawija, Babinsa Koramil 03/Bgs Juga Budidaya Jamur Tiram -->

Tak Hanya Palawija, Babinsa Koramil 03/Bgs Juga Budidaya Jamur Tiram

Rabu, 31 Maret 2021, 12:06:00 PM
Link Banner
Para Babinsa Koramil 03/Bgs saat mengaduk bahan pembuatan Jamur Tiram sebelum difermentasi, Rabu (31/03).


Inforohil.com, Basira - Tidak hanya melakukan cocok tanam Palawija atau Sayuran sebagai upaya ketahanan pangan ditengah situasi pandemi covid-19, Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil juga melakukan budidaya Jamur Tiram.


Dan kali ini, para Babinsa dipimpin Sertu A Sipahutar melakukan pengadukan dan fermentasi bahan-bahan budidaya Jamur Tiram di di tempat budidaya Demplot Ketahanan Pangan Koramil 03/Bgs, Rabu (31/03/2021).


Setelah dilakukan pengadukan dan fermentasi, bahan media budidaya Jamur Tiram kemudian akan dimasukan ke dalam media plastik atau biasa disebut Baglog yang nantinya disusun dan diletakkan di 'Kombong' dengan menjaga suhu ruangan tetap lembab.


Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol melalui Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa mengatakan bahwa pengembangan atau budidaya Jamur Tiram itu dilakukan bertujuan untuk memberikan contoh dan motivasi kepada masyarakat.


"Sebab, apabila dilakukan cara budidaya dengan serius, hasilnya cukup menjanjikan sehingga bernilai ekonomis," ungkapnya.


Hal itu tentunya, lanjut Danramil, bisa meningkatkan taraf ekonomi atau pendapatan masyarakat apabila dilakukan dengan serius sebagai usaha utama atau sampingan.

Media tanam yang difermentasi sebelum dimasukkan ke wadah Baglog.


"Apalagi ditengah pandemi covid-19 ini, berbudidaya Jamur Tiram bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah, artinya dapat dikerjakan di tempat budidaya di sekitar rumah. Memang secara modal lebih besar ketimbang bercocok tanam jenis sayuran, akan tetapi potensinya cukup menggiurkan," pungkasnya.


Seperti diketahui, Jamur Tiram merupakan salah satu jamur yang bisa dibudidayakan secara sederhana akan tetapi perlu dilakukan perawatan serius agar hasil panen cukup memuaskan. (iloeng)

TerPopuler