Berusaha Kabur, Iin Otak Pelaku Pembunuhan Dihadiahi Timah Panas -->

Berusaha Kabur, Iin Otak Pelaku Pembunuhan Dihadiahi Timah Panas

Sabtu, 13 Februari 2021, 5:29:00 PM
Link Banner
Tim opsnal saat tiba di Mapolres Rohil membawa pelaku utama, Sa alias Iin. Sabtu (13/02).


Inforohil.com, Bagan Batu - Usai mengamankan 7 orang dan 1 orang pelaku yang menyerahkan diri, tim gabungan Reskrim Polsek Bagan Sinembah bersama Reskrim Polres Rokan Hilir (Rohil) juga berhasil mengungkap dan menangkap otak pelaku pembunuhan terhadap korban Rio Sudarmaji.


Pelaku Sa alias Iin yang berusaha melarikan diri saat perjalanan pulang dari Dairi ke Polres Rohil terpaksa dihadiahi timah panas.


Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK kepada inforohil.com, Sabtu (13/02/2021) membenarkan pelaku yang berusaha untuk kabur terpaksa ditembak mengenai kaki sebelah kiri.


"Ya, dengan sigap dan terukur petugas berhasil melumpuhkan pelaku, persis di bagian kaki sebelah kiri," ungkapnya.


Dijelaskannya, penangkapan terhadap pelaku utama, Sa alias Iin (36) warga Jln Lintas Riau-Sumut KM 11 Bagan Batu Kepenghuluan Jaya Agung itu berkat hasil penyelidikan tim gabungan.


Dari penyelidikan, Sa alias Iin sedang berada di Dusun Maha Bunga Desa Gunung Meriah Kecamatan Sempat Nempu Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara (Sumut).


Tim Opsnal Gabungan kemudian langsung melakukan pengejaran dan pada Jumat (12/02) sekira pukul 13.00 wib kemarin, tim berhasil membekuk Iin di rumah salah satu kerabat dari istrinya 


"Dari interogasi, Iin mengakui perbuatannya secara bersama-sama melakukan penganiayaan terhadap Rio Sudarmaji yang menyebabkan hilangnya nyawa korban," ungkap Kapolres.


Dari pengakuan Sy alias Iin dikarenakan sebelumnya Tas istrinya berisikan uang Rp 10 juta beserta Handphone dan surat-surat berharga lainnya hilang di warung.


"Iin mencurigai pelaku pencurian tersebut adalah korban Rio dan Riyan (salah satu pelaku penganiayaan terhadap Rio, red). Dan atas kecurigaan itu, Iim mengajak teman-temannya untuk melakukan interogasi terhadap Rio berujung melakukan pemukulan secara bersama-sama hingga mengakibatkan korban meninggal dunia," beber Nurhadi.


Terhadap pelaku pun disangkakan pasal 340 jo pasal 338 jo pasal 170 ayat (2) ke 3e jo pasal 165 KUHPidana.


Diberitakan sebelumnya, Warga masyarakat yang terus melakukan pencarian Rio Sudarmaji (22) seorang Cleaning Service (CS) Rumah Sakit Ibunda Bagan Batu akhirnya menemukan sosok jenazah di wilayah Kepenghuluan Pasir Putih Kecamatan Balai Jaya, Senin (08/02/2021).


Sosok mayat itu diduga merupakan jenazah Rio Sudarmaji dalam kondisi mengenaskan ditimbun tanah di parit bekoan antara perbatasan Kebun Kencana PT Salim Ivomas Pratama.


Masyarakat yang mengetahui itu pun berbondong-bondong datang ke lokasi dimana korban ditemukan. Tak lama kemudian pihak kepolisian dari Polsek Bagan Sinembah Polres Rokan Hilir datang untuk melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).


Mayat yang ditemukan di dalam parit bekoan dengan ditimbun di Kepenghuluan Pasir Putih Kecamatan Balai Jaya, Senin (08/02) kemarin, jasad tersebut sudah dikebumikan keluarga Rio Sudarmaji di Kepenghuluan Pelita, Selasa (09/02).


Kapolres Rokan Hilir AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK yang dikonfirmasi inforohil.com melalui aplikasi WhatsApp pada Selasa (09/02) membenarkan bahwa jasad yang ditemukan bernama Rio Sudarmaji.


"Ya mas, atas nama Rio Sudarmaji," jawabnya singkat.


Senada, Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Prabowo SH SIK juga membenarkan jasad tersebut merupakan jasad Rio Sudarmaji.


Dijelaskan Kapolsek, dari hasil otopsi mayat itu diketahui berjenis kelamin laki-laki berusia sekitar 25-30 tahun. Ditemukan memar pada bagian kepala dan bibir.


"Luka pada daerah mulut dan bahu kiri, patahnya tulang hidung dan gigi. Juga terdapat resapan darah pada kulit bagian dalam, bibir dan dada akibat kekerasan benda tumpul," ungkap Indra.


Kapolsek juga menjelaskan bahwa pihaknya masih terus melakukan penyelidikan dengan mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi.


"Masih mengumpulkan keterangan dari para saksi. Sementara diduga pelaku ada 6 orang, saat ini masih pengejaran," tandasnya.


Informasi yang dirangkum, para warga, kerabat, tetangga dan rekan kerja menghadiri proses pemakaman.


CEO RS Ibunda, dr Herdianto membenarkan sudah dilakukan proses pemakaman Karyawan CS RS Ibunda yang dikenal sangat baik dan rajin dalam bekerja itu.


"Ya, hari ini dilakukan pemakaman. Secara umum ciri-ciri sewaktu ditemukan di TKP penemuan mayat kemarin, diduga kuat itu Rio Sudarmaji," kata Herdianto.


Dijelaskan dr Herdianto, meski begitu ia tidak melihat secara utuh wajah mayat yang ditemukan pada Senin kemarin akan tetapi secara umum mayat tersebut adalah Rio.


"Soalnya saya tidak lihat wajahnya, tapi kemungkinan besar itu jasad Rio yang merupakan karyawan kita," ujarnya.


Herdianto mengisahkan bahwa sosok Rio Sudarmaji merupakan pekerja yang baik, ramah dan sopan serta sangat rajin dalam bekerja.


Tidak masuk saat apel pagi pada hari Sabtu (06/02) kemarin menjadi tanda tanya pihak manajamen RS Ibunda terlebih ianya selaku pimpinan sehingga berinsiatif mendatangi rumahnya dan menanyakan keberadaan Rio. (iloeng)

TerPopuler