Bersama Upika, Dandim 0321/Rohil Pimpin Pemadaman Karlahut -->

Bersama Upika, Dandim 0321/Rohil Pimpin Pemadaman Karlahut

Kamis, 13 Agustus 2020, 12:43:00 PM
Link Banner
Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi saat melakukan pemadaman di Teluk Nilap, Kubu Babusalam, Rabu (12/08) kemarin.


Inforohil.com, Kubu - Bersama dengan Upika Kubu Babusalam, Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MIPol pimpin pemadaman titik api Karlahut, Rabu (12/08/2020) kemarin.


Titik api yang berada di wilayah Dusun Benuang Kepenghuluan Teluk Nilap Kecamatan Kubu Babusalam Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), dengan titik koordinat N 2.0620619, E 100.6271473.


Selain Danramil 04/Kubu Kapten Inf Alfarisi, giat pemadaman itu juga dilakukan Kapolsek Kubu IPTU R Sudaryono S SIK MM, Camat Kubu Babusalam Ahmad Atin dan para personil Koramil, Polsek dan MPA.


"Total luas lahan yang terbakar diperkirakan seluas 3 Hektare dengan kondisi lahan gambut dan semak belukar, ditaksir kedalaman gambut sekitar 2 sampai 3 meter," kata Dandim.


Dan dari penyelidikan di lapangan, lahan tersebut diketahui milik Zaenal warga Kota Parit Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan Hilir.


Dijelaskan Dandim, proses pemadaman dan pendinginan selain melibatkan puluhan personil dari berbagai unsur baik TNI-Polri dan aparat pemerintah, juga melibatkan Tiga unit mesin mini striker dan 9 gulung selang milik Polsek Kubu dan Koramil 04/Kubu.


Sebagai hambatan dalam proses pemadaman adalah jarak tempuh yang cukup jauh dari Makoramil 04 maupun Mapolsek Kubu. Untuk menuju ke titik api, tim terpaksa harus menggunakan kendaraan roda dua yang memerlukan waktu perjalanan selama 3 jam ditambah akses jalan yang sangat buruk.


"Tidak hanya itu, tim juga harus melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan menggunakan Boat milik warga dan memerlukan waktu tempuh sekitar 3 jam," kisah Letkol Agung.


Ditambahkan Dandim, kegiatan pemadaman itu berkahir sekitar pukul 15.00 wib, dan kondisi terakhir api berhasil dipadamkan namun meninggalkan kabut asap di sekitar lokasi.


"Tidak menutup kemungkinan api muncul kembali apabila angin kencang, tapi Alhamduliah petang kemarin hujan turun cukup deras," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler