Jelang Panen, Babinsa Dampingi Warga Rawat Jagung

Jelang Panen, Babinsa Dampingi Warga Rawat Jagung

Rabu, 15 Juli 2020, 1:14:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Tanah Putih - Upaya anggota TNI-AD untuk mendukung ketahanan pangan dengan melakukan pendampingan pada petani terus dilakukan. Pendampingan yang dilakukan pun tidak hanya pada petani padi tapi juga petani palawija yang menanam jagung. 

Hal itu seperti ditempuh Serma Seman anggota Babinsa Koramil 02/TP yang melaksanakan pendampingan ke petani dengan melakukan pengecekan persiapan panen jagung di lahan 
jagung seluas 13  Rante di lingkungan Banjar Sari Kelurahan Banjar XII kecamatan Tanah Putih.

Danramil 02/TP, Kapten Inf Khairul Anwar mengaku sudah menjadi tugas keseharian anggota TNI untuk mendampingi petani dalam menggarap lahan,menyiangi tanaman, melakukan penyemprotan hama, pengecekan dan pemanenan tanaman. 

"Karena di kelurahan Banjar XII ada petani binaan Babinsa yang menanam jagung di lahan 13 Rante dan siap panen, maka Babinsa berusaha melakukan pengecekan tanaman sebelum dipanen. Apakah buah jagung sudah siap dipanen atau belum,” katanya.

Dan selain itu, imbuhnya, pendampingan ke petani jagung dilakukan guna memastikan apakah tanaman jagung yang siap panen tersebut aman dari hama. Pengecekan secara rutin sebelum panen akan bisa mendeteksi hama yang bakal menyerang tanaman.

"Jika sampai tidak ada pendampingan dengan tindakan pengecekan tanaman dari awal menanam, penyiangan dan siap panen, dikhawatirkan hama yang menyerang tanaman jagung tidak terdeteksi sehingga menyebabkan gagal panen,” katanya. 

Pengecekan tanaman dilaksanakan satu persatu pada tanaman jagung di lahan petani. Jika didapati ada hama yang menyerang dilakukan dengan penyemprotan. (iloeng)

TerPopuler