98 Orang Staf dan Nakes Diswab Secara Bersamaan -->

98 Orang Staf dan Nakes Diswab Secara Bersamaan

Rabu, 29 Juli 2020, 2:15:00 PM
Link Banner

Inforohil.com, Bagan Batu - Pasca terkonfirmasinya salah satu tenaga kesehatan salah satu rumah sakit swasta di Kecamatan Bagan Sinembah Positif Covid-19, 98 orang Staf dan Tenaga Kesehatan (Nakes) diswab secara bersamaan.

Pengambilan sampel ini dilakukan di area rumah sakit tersebut pada Selasa (28/07) malam yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Bagan Batu, dr Josafat RS.

"Ya Swab ini kita laksanakan menindaklanjuti adanya salah seorang pegawai yang juga tenaga medis telah terkonfirmasi positif covid-19," ujarnya. 

Selain untuk mengantisipasi dan mengetahui perkembangan kesehatan dari semua pegawai dan staf rumah sakit tersebut, kegiatan swab menurutnya juga sekaligus untuk tracing tenaga medis tersebut. 

"Intinya, kita ingin melihat sejauh mana kondisi kesehatan dari seluruh awak pegawai dan staf rumah sakit ini," terangnya kembali. 

Terpisah salah satu manajemen rumah sakit tersebut membenarkan. "Ya sudah diswab semua tadi malam, kita tinggal menunggu hasil," katanya, Rabu (29/07) siang.

Dia juga membenarkan bahwa SS yang terkonfirmasi Positif Covid-19 merupakan tenaga kesehatan.

"Kita juga belum tau riwayat penularnya, saat ini sedang diisolasi di Puskesmas Bagan Batu," terangnya.

Terkait surat dari gugus tugas yang meminta agar rumah sakitnya ditutup sementara, pihak manajemen menyetujui.

"Demi kebaikan semuanya, kita tutup sementara sampai menunggu hasil Swab ini," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pihak manajemen saat ini sedang mempersiapkan prosedur ketat terkait protokol kesehatan si rumah sakitnya.

"Kedepan kita akan perketat lagi, baik pelayanan terhadap pasien juga keluarga pasien. Insya Allah kenyamanan pasien tetap prioritas utama kita," tandasnya.

Swab Balai Jaya

Sementara itu kegiatan serupa juga dilakukan oleh pihak Puskesmas Balai Jaya. Dimana petugas kesehatan itu melaksanakan kegiatan pengambilan swab ini juga menindaklanjuti adanya salah seorang anak yang berinisial ARP (6) warga Kepenghuluan Pasir Putih kecamatan Balai Jaya juga terkonfirmasi positif covid-19.

"Ya Selasa (28/7) sore kita langsung melakukan tes swab terhadap sekitar 44 orang warga yang ada disekitar tempat tinggal anak kita itu (ARP,  Red), baik yang pernah kontak langsung maupun tetangganya," ujar Kepala Puskesmas Balai Jaya,  H Dedi Masrul SKM yang ditemui terpisah,  Rabu (29/7).

Dimana ARP terkonfirmasi positif setelah kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya, yakni WS (33) warga Kepenghuluan Bagan Manunggal, kecamatan Bagan Sinembah.

"Karena yang bersangkutan itu adalah merupakan kemanakan dari WS. Dan sekarang anak kita ARP sudah kita isolasi yang ditemani bersama dengan ibunya," terang Dedi. (iloeng**)

TerPopuler