Koramil 02/TP Patroli dan Sosialisasi Karhutla -->

Koramil 02/TP Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Jumat, 05 Juni 2020, 1:50:00 PM
Link Banner
Serma Suyaka saat sosialisasi tentang bahaya Karhutla bersama masyarakat Kepenghuluan Sintong Pusaka, Jumat (05/06).

Inforohil.com, Tanah Putih - Meski ditengah kesibukan personil dalam mencegah penyebaran virus corona atau covid-19, Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil kembali melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Patroli sekaligus sosialisasi Karhutla kali ini dilaksanakan di wilayah Kepenghuluan Sintong Pusaka Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Jumat (05/06/2020).

"Alhamdulillah, dalam patroli yang dipimpin Serma Suyaka di Sintong Pusaka tidak ditemukan titik api dan asap," kata Danramil 02/TP Kapten Inf Khairul Anwar.

Serma Suyaka bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) setempat juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla.

Dimana masyarakat pada umumnya yang diberi pemahaman akan bahaya Karhutla dapat mengerti dan memahami bahanya membuka lahan dengan cara dibakar.

Sebagai alternatif pembukaan lahan dengan tidak membakar, lanjut Khairul adalah dengan bercocok tanam palawija atau sayuran yang hanya membutuhkan lahan sempit namun hasilnya sangat memuaskan.

"Dan kita juga membuat percontohan Demplot pertanian, disana masyarakat bisa belajar cara bercocok tanam. Jika dibandingkan dengan kelapa sawit, hasilnya bahkan bisa melebihi," ungkapnya.

Dan pada kesempatan ini, Danramil terus menghimbau kepada masyarakat agar mengurungkan niatnya untuk membuka lahan dengan cara dibakar.

"Kalau tidak kita selaku masyarakat yang peduli lalu siapa lagi, maka dari itu mari kita cintai lingkungan dan demi anak cucu kita kedepannya," tandasnya. (iloeng)

TerPopuler