Hari Pertama Pasca Lebaran, Bupati Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

Hari Pertama Pasca Lebaran, Bupati Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

Selasa, 26 Mei 2020, 2:33:00 PM
Link Banner
Secara simbolis bupati menyerahkan bantuan sembako kepada korban kebakaran di Kepenghuluan Bagan Batu Barat Kecamatan Bagan Sinembah, Selasa (26/05).

Inforohil.com, Bagan Batu - Hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran Idul Fitri 1441 H, Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp langsung bergerak cepat kembali menemui warga masyarakat khususnya yang tertimpa musibah kebakaran. 

Dimana, kedatangan orang nomor wahid di negeri seribu kubah itu adalah untuk menyerahkan bantuan kepada warga yang menjadi korban kebakaran di dua lokasi yang berbeda,  yakni Kepenghuluan Balam Jaya Kecamatan Balai Jaya dan Kepenghuluan Bagan Batu Barat,  Kecamatan Bagan Sinembah.

Dari pantauan dilapangan, Selasa (26/05/2020) dalam penyerahan bantuan tersebut Bupati Rokan Hilir juga turut didampingi oleh Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP MIPol, Waka Polres Rokan Hilir, Kompol James IS Rajagukguk Sik MH, Ketua DPRD Rokan Hilir, Maston dan anggota DPRD, Maria Tambunan, Kepala Dinas Sosial, dr HM Junaidi Saleh MKes, Kepala BPBD Rokan Hilir, Ari Dharma, Camat Balai Jaya, Samsuhir Spd, Datuk Penghulu Balam Jaya, Suryadi Ssos dan Camat Bagan Sinembah,  Sakinah SSTP Msi, Datuk Penghulu Bagan Batu Barat, Zulfan Efendi SE. 

Camat Bagan Sinembah Sakinah SSTP Msi mengawali sambutannya saat penyerahan bantuan kepada korban kebakaran di Kepenghuluan Bagan Batu Barat Kecamatan Bagan Sinembah menyampaikan dihadapan bupati bahwa rumah yang terbakar ads sebanyak 2 pintu yang dihuni 6 KK.

Pada kesempatan itu Sakinah mengeluhkan mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang kondisinya rusak total sehingga api dengan leluasa melahap rumah tersebut.

"Kami berharap kepada bapak bupati dan ketua DPRD mohon agar mobil Damkar ini perlu diperhatikan, yang mana kecamatan Bagan Sinembah cukup luas dan padat penduduk," pungkasnya.

Sementara Bupati, H Suyatno Amp menyampaikan bahwa pemerintah tidak tinggal diam melihat warganya tertimpa musibah kebakaran. Untuk itu pihaknya bersama dengan Dinas Sosial menyerahkan bantuan sembako ala kadarnya.

"Bu camat dan unsur pimpinan tingkat kecamatan sudah lebih dulu membantu, kami apresiasi ibu camat dan unsur pimpinan kecamatan lainnya atas bantuan itu," ungkapnya.
Bupati saat menyerahkan bantuan sembako kepada korban kebakaran di Balam Jaya Kecamatan Balai Jaya, Selasa (26/05).

Kedepan, saya minta ketua DPRD bersama anggota yang ada disini, agar mengawal anggaran pengadaan mobil damkar untuk di Bagan Batu pada tahun depan, agar kebakaran cepat ditangani.

Kepada keluarga korban kebakaran, bupati mendoakan agar diberi kekuatan dan kesehatan atas musibah kebakaran tersebut.

"Musibah ini sebagai ujian bagi kita semua khususnya masyarakat yang menjadi korban dan harapan kami, semua tabah dan sabar dalam menghadapinya," ujar bupati saat menyerahkan bantuan.
     
Menurut bupati bantuan yang diberikan jangan dilihat dari besar kecilnya tetapi dimaknai sebagai bentuk kepedulian pemerintah atas musibah yang dialami masyarakat yang menjadi korban bencana. 
     
"Tetapi manfaatkan bantuan yang ada ini sebaik-baiknya dan sesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing," ujar Suyatno. 

Ditekankan, Pemkab Rokan Hilir sudah menyiapkan paket bantuan yang bisa segera disalurkan kepada korban bencana termasuk korban musibah kebakaran yang menghanguskan rumah-rumah warga. 
     
"Seperti bantuan yang langsung kami serahkan ini, sudah disiapkan instansi terkait seperti BPBD dan Dinas Sosial sehingga bisa segera disalurkan terutama bahan makanan untuk keperluan warga," ungkapnya. 

Dimana peristiwa kebakaran pertama tepatnya sehari menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H, atau Sabtu (23/5) sekitar pukul 16.30 wib tepat di jalan Jendral Sudirman, daerah Kampung Lalang Kepenghuluan Bagan Batu Barat Kecamatan Bagan Sinembah.

Peristiwa kebakaran yang sempat menghebohkan warga perbatasan itu menyebabkan setidaknya tiga pintu rumah, masing-masing ditempati oleh Moko (55), Ayu Sinaga (32) dan Lili Puspita Sari (27).

Dan peristiwa serupa juga terjadi disekitaran KM 35 jalan Nangka Kepenghuluan Balam Jaya Kecamatan Balai Jaya, tepatnya pada Senin (25/05) pagi kemarin dan menimpa korban Lismayani (46).

Ironisnya, peristiwa kebakaran ini dipicu oleh rasa kesal anak korban yang mengalami gangguan jiwa, Monalisa Anggraini (22) akibat kerap terjadi pertengkaran antara ibu dan anak ini. 

Dimana sebelumnya pelaku hanya membakar boneka kesayangannya dengan menggunakan mancis. Namun karena teledor sehingga api membesar hingga menyambar barang-barang yang ada didalamnya sehingga api membesar dan melalap rumah tersebut. (iloeng)

TerPopuler