RS Ibunda Kini Tersedia Rapid Test, ODP Paling Utama Untuk Dicek -->

RS Ibunda Kini Tersedia Rapid Test, ODP Paling Utama Untuk Dicek

Jumat, 10 April 2020, 2:18:00 PM
Link Banner
Rumah Sakit Ibunda, Jln Lintas Riau-Sumut KM 4 Bagan Batu, Kelurahan Bahtera Makmur Kota, Kecamatan Bagan Sinembah. (Foto: inforohil.com/iloeng)

Inforohil.com, Bagan Batu - Guna memastikan para Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau orang yang diduga pernah kontak dengan pasien mengidap virus corona atau Covid-19, Rumah Sakit (RS) Ibunda yang beralamat di KM 4 Kelurahan Bahtera Makmur Kota Kecamatan Bagan Sinembah kini menyediakan Rapid Test. 

"Karena kita pun beli alatnya, kita kenakan tarif sekali cek 300 Ribu Rupiah," kata CEO RS Ibunda, dr Herdianto kepada wartawan, Jumat (10/04/2020).

Dijelaskan dr Herdianto, pengecekan Rapid test itu diutamakan untuk warga yang berstatus ODP dan mengalami gejala batuk, sakit tenggorokan atau sama sekali tidak mengalami gejala.

Diharapkan dengan adanya alat Rapid test tersebut masyarakat yang merasa was-was terpapar virus corona bisa mengetahui apakah positif atau negatif. 

"Memang hasil Rapid test ini kurang akurat, setidaknya menjadi acuan agar jika positif, masyarakat bisa mengisolasi secara mandiri dan bila mengalami gejala segera ke Puskesmas untuk diperiksa lebih lanjut," bebernya. 

Dan oleh karenanya, dia berharap masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan berdiam diri di rumah, tidak melakukan aktivitas diluar rumah kecuali ada urusan mendesak. Selain itu juga masyarakat harus berperilaku hidup sehat dengan rajin mencuci tangan. 

"Itu semua ada alasannya kenapa kita disuruh di rumah saja. Pertama untuk mengurangi kontak dengan orang lain terlebih orang yang tanpa gejala namun bisa saja positif. Itu sebenarnya yang paling utama," ungkapnya kembali. 

Dan selain dikarenakan masa inkubasi atau munculnya gejala Covid-19 pada seseorang tidak dengan waktu yang singkat yakni 14 hari bahkan lebih, tentu saja sulit dideteksi tanpa dilakukan pengecekan. 

"Salah satu upaya untuk mengetahui adalah dengan alat Rapid test ini. Tapi sekali lagi, yang paling utama bagi masyarakat yang ODP baik yang ada gejala maupun yang tidak. Dan lebih baiknya lagi, mari kita ikuti anjuran pemerintah untuk mengurangi aktivitas diluar rumah," tutupnya. (iloeng

TerPopuler