Koramil 02/TP Berjibaku Lakukan Pendinginan Titik Api -->

Koramil 02/TP Berjibaku Lakukan Pendinginan Titik Api

Minggu, 12 April 2020, 4:49:00 PM
Link Banner
Anggota Koramil 02/TP saat melakukan pendinginan titik api di Kepenghuluan Putat, Kecamatan Tanah Putih, Ahad (12/04).

Inforohil.com, Tanah Putih - Tim Sub Satgas 5 Kecamatan Tanah Putih harus berjibaku memadamkan api yang terletak di Kepenghuluan Putat kecamatan Tanah Putih.

Usaha keras tim gabungan yang terdiri dari 5 orang Koramil 02/TP dipimpin Serma Seman, Polsek Tanah Putih dan aparat pemerintah kepenghuluan untuk pemadaman dan pendinginan menerjunkan Mini straiker sebanyak 2 unit, Nozle Sambunesia sebanyak 2 unit, serta mesin Robin sebanyak 1 unit.

"Hari ini, Ahad (12/04/2020) tim Subsatgas Posko 5 kecamatan Tanah Putih melakukan pendinginan terhadap karlahut yang terjadi di kepenghuluan Putat, tepatnya pada koordinat  N. 1° 25’ 15’’ E.100° 53’ 15’’," ujar Danramil 02/TP, Kapten Inf Khairul Anwar.

Dimana, lanjut Danramil lagi pemadaman tersebut dilakukan sejak dari ditemukannya titik api yang terpantau satelit. "Tepatnya sejak Jumat (10/04/2020) kemarin. Jadi kita turun kelapangan sejak Sabtu kemarin," terangnya lagi. 

Dan ketika disinggung luas lahan yang terbakar, lebih jauh lagi Danramil menjelaskan sekitar 4 hektare. "Kalau luasnya itu sekitar 4 hektare dengan jenis lahan tanaman semak belukar," ujarnya lagi. 

Dan dari penyelidikan dilapangan, bahwa tim Subsatgas juga sudah mengetahui pemilik lahan yang terbakar tersebut. "Pemiliknya itu diketahui bernama Sopang warga Km 23 Manggala, kepenghuluan Manggala Sakti Kecamatan Tanah Putih," tegas Danramil kembali. 

Saat ditanya perkembangan terbaru atas peristiwa kebakaran lahan itu, dengan tegas Danramil menyebutkan padam total. "Syukurlah api sudah berhasil kita padamkan, memang sewaktu kita lakukan pendinginan hujan turun disekitar lokasi, sehingga api dan kepulan asap sudah hilang," ungkap Kapten Inf Khairul Anwar.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak melakukan tindakan pembersihan lahan dengan cara membakar.

"Kembali kita himbau, agar warga tidak lagi melakukan pembakaran terhadap lahannya, apalagi disaat cuaca panas. Dan kepada masyarakat lainnya, jika memang ada mengetahui tindakan tersebut segera laporkan kepada aparat terdekat," himbau Kapten Inf Khairul Anwar. (iloeng

TerPopuler