Camat Basira Tinjau Posko Kecamatan, Warga yang Melintas Dicek Suhu Tubuh

Camat Basira Tinjau Posko Kecamatan, Warga yang Melintas Dicek Suhu Tubuh

Rabu, 15 April 2020, 2:30:00 PM
Link Banner
Foto kolase kegiatan Camat Bagan Sinembah Raya Drs HM Yusuf Msi di Posko Covid-19, Kelurahan Bagan Sinembah Kota, Rabu (15/04).


Inforohil.com, Basira - Guna memperketat masuknya warga Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) yang mudik dari perantauan atau mahasiswa, Camat Basira Drs HM Yusuf meninjau posko satgas penanggulangan Covid-19 tingkat kecamatan. Rabu (15/04).

Posko Kecamatan Basira berada di Jalan Lintas Bagan Batu - Bortrem, tepatnya di Simpang Paket F Kelurahan Bagan Sinembah Kota yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Bagan Sinembah. 

Camat Basira, Drs HM Yusuf Msi kepada wartawan menyampaikan giat peninjauan untuk tingkat posko desa juga dilakukan setiap harinya. 

"Untuk Posko Kecamatan kita dirikan usai Video Conference dengan Bapak Bupati Rohil H Suyatno kemarin petang, dan alhamdulillah hari ini sudah mulai beroperasi," ungkap camat. 

Dikatakan camat, pihaknya bersama para Lurah dan Datuk Penghulu saling berkoordinasi dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19 di wilayah masing-masing. 

Setiap Posko, lanjut camat lagi mengecek warga yang masuk yang terlihat sedang mudik baik itu masyarakat yang merantau maupun mahasiswa dari zona merah seperti Pekanbaru maupun daerah di Pulau Jawa. 

"Pada umumnya yang dicek, warga yang turun naik bus di Bagan Batu, kemari naik sepedamotor atau becak, jika kelihatan ada membawa tas, akan diperiksa dan didata," kata camat lagi. 

"Dan sesuai protokol, setiap warga menjadi ODP, dipantau selama 14 hari untuk dicek kesehatannya, baik saat di posko maupun nantinya secara berkala oleh tim medis," imbuhnya. 

Dan pada kesempatan ini, di Posko Kecamatan, camat langsung memimpin pemeriksaan suhu tubuh masyarakat yang melintas, baik yang mengendarai sepedamotor maupun mobil pribadi serta pengemudi truk Colt Diesel. 

Pada kesempatan itu, camat langsung melakukan pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan alat Termo gun. 

"Kita juga turut menghimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah, seperti berkendara dan atau belanja kebutuhan sehari-hari," pungkasnya. 

Pada kesempatan itu, camat juga didampingi Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa diwakili Danposramil Kecamatan Bagan Sinembah Raya Koramil Pelda Sarwoko, Kapolsek Bagan Sinembah AKBP Panangian SH Msi diwakili Bripka R Manurung dan tim medis dari Puskesmas Bortrem. 

Dihari yang sama, camat juga meninjau persiapan Posko tingkat Kelurahan Bagan Sinembah Kota yang dipusatkan di Jln Jenderal Ahmad Yani (Sukarukun), yang berbatasan dengan Kelurahan Bagan Batu Kota, Kecamatan Bagan Sinembah. 

Lurah Bagan Sinembah Kota, Marwan S.Ap kepada wartawan menyampaikan bahwa posko itu didirikan bertujuan untuk mengantisipasi masuknya warga yang kembali dari zona merah.

"Untuk tingkat kelurahan, kita pusatkan disini, sebab jalan Jendral Ahmad Yani ini merupakan alternatif yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Bagan Sinembah (induk)," kata Lurah.

Dikatakan lurah, setiap warga yang melintas dan dicurigai kembali mudik akan diperiksa suhu tubuh dan diperiksa datanya. Untuk petugas piket nantinya akan bergantian dengab aparat RT, RW dan staf kantor kelurahan. 

"Ya harapan kkta, masyarakat yang kembali koperatif, dan nantinya tidak diperbolehkan kemana-mana sebelum habis masa pemantauan selama 14 hari," pungkasnya. (iloeng

TerPopuler